ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Kenyataannya mendidik anak itu bukanlah masalah yang praktis dan mudah, banyak kegagalan yang terjadi dengan tidak tercapainya tujuan pendidikan yang diinginkan. Kegagalan ini sering terjadi pada acara pendidikan anak biasa (umum) dengan aneka macam faktor yang melatar belakanginya. Jika mendidik anak biasa saja susah dan sering gagal, apa lagi menghadapi anak berkebutuhan khusus (dulu istilahnya anak luar biasa), dituntut kesabaran yang luar biasa untuk membantu anak ini dengan memberinya aneka macam pendidikan dan latihan untuk membantu mereka supaya bisa hidup mandiri, terutama dalam melaksanakan acara rutin. Tujuan mendidik anak berkebutuhan khusus sama ibarat anak normal lainnya, yaitu membentuk karakter, intelek, talenta dan akhlak, sehingga anak mempunyai sikap dan sikap yang mempunyai kegunaan bagi kelangsungan hidupnya sesuai dengan impian masyarakat. hanya saja kelancaran proses berguru terhalang oleh kondisi kondisi mereka yang khusus. Untuk mengatasi halangan ini, perlu di gali kelebihan atau kecakapan yang dimiliki, Misalnya anak yang buka tidak sanggup menangkap pelajaran melalui penglihatan, tetapi mereka mempunyai pendenganran yang peka. Kemampuan ini harus dilatih berfungsi secara maksimal menggantikan mata sehingga mereka sanggup berguru maksimal.
Mempersiapkan pendidikan Anak berkebutuhan khusus :
- Ciptakan lingkungan keluarga yang hangat, terbuka, komunikatif, sehingga anak merasa diterima oleh orang bau tanah dan saudara-saudaranya
- Sesering mungkin mengajak anak berdialog (tanya-jawab) untuk melatih kemampuan mengungkapkan keinginan atau pikirannya.
- Orangtua pun sanggup lebih memahami anaknya. Mengetahui minat, kelebihan-kelebihannya, perasaan dan impian mereka.
- Perasaan kondusif penting bagi mereka untuk mereka (cenderung rendah diri) menumbuhkan rasa percaya diri yang mendorong maju dan besikap positif.
- Dibutuhkan keteraturan dan kemantapan bentuk training supaya anak mempunyai kepercayaan yang kokoh pada diri sendiri maupun orang lain.
- Adanya prinsip yang teguh menciptakan anak berani dan tidak praktis diombang-ambing ketika menghadapi situasi baru.
- Orang bau tanah harus teguh mempertahankan hal yang dipandang baik, setia pada kesepakatan yang dipilih.
- Orang bau tanah yang membimbing adakala memberi bantuan, di ketika lain (kesal, lelah) membiarkan anak mencoba sendiri.
- Hindari ketidak teraturan yang menciptkan keraguan, ia merasa tidak perlu mandiri.
- Anak harus diyakinkan bahwa melatihnya berdikari bukan berarti ia tidak disayang orang tuanya.
Hal-hal yang sebaiknya dilakukan orang bau tanah dengan anak berkebutuhan khusus yaitu :
- Bersikap tegas tetapi tidak terlalu keras pada anak yang berkebutuhan khusus.
- Menerima kelemahan dan mengatasinya sedini mungkin dengan memberi banyak rangsangan pada kemampuan lain yang bisa difungsikan menjadi kekuatannya
- Sering menunjukkan kesempatan anak bersosialisasi dan berkomunikasi dengan teman sebaya untuk mengekspresikan perasaan maupun emosinya.
- Melatih gerak badan melalui permainan, percakapan drama dan lain-lain.
- Fokus pada tujuan untuk mencapai kesetaraan pengamatan, panca indra yang berfungsi dan ekspresi lisan atau fisik.
- Ajarkan anak tugas dan tingkah laris yang diterima masyarakat, ibarat tanggung jawab, mandiri, ramah.
- Ajarkan nilai-nilai kemanusiaan (tolong menolong, kejujuran, sportif, Toleransi) yang sanggup dijadikan prinsip dalam dirinya untuk mengambil keputusan.
- Ajarkan anak menuntaskan masalah.
- Orang bau tanah jangan praktis mengalah atau bahkan jikalau perlu memaksa diri sendiri atau anak untuk mencapai tujuan berguru dengan menunjukkan klarifikasi dengan sabar hingga ia sanggup memahaminya.
- Ajarkan anak terlibat dalam acara sosial disekitarnya.
- Tumbuhkan terus harga diri anak, yaitu dengan menunjukkan perhatian terus menerus, mendapatkan anak apa adanya, menghargai hasil dan perjuangan anak.
Sumber : Disarikan dari aneka macam sumber..!!
0 Response to "Cara Mempersiapkan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus"
Posting Komentar