ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Tantangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang sangat penting yang kita hadapi dikala ini intinya yaitu bagaimana kita dapat memperluas dan meningkatkan layanan PAUD yang memenuhi standar pelayanan minimal dengan mewujudkan 3 (tiga) tujuan utama PAUD, yaitu: Pertama, untuk menyebarkan potensi kecerdasan, kebugaran dan kreativitas anak. Yang dimaksudkan dengan kecerdasan di sini yaitu kecerdasan komprehensif yang meliputi Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Sosial, Kecerdasan Spritual (SQ), dan Kecerdasan Estetika. Kedua, untuk mempersiapkan anak biar siap mengikuti pendidikkan di SD dan jenjang pendidikan berikutnya. dan Ketiga, untuk menurunkan angka putus sekolah di SD maupun di jenjang pendidikan berikutnya.
Berdasarkan ajaran di atas aneka macam kebijakan pengembangan PAUD terus ditingkatkan oleh Pemerintah Indonesia sampai hari ini. Kementerian Pendidikan Nasional telah tetapkan PAUD sebagai salah satu fokus utama pembangunan pendidikan Indonesia 5 (lima) tahun ke depan dan mempunyai rencana strategis untuk memperluas jalan masuk dan meningkatkan mutu layanan PAUD melalui upaya penerapan pendekatan PAUD Holistik-Integratif.
PAUD Holistik-Integratif, yaitu PAUD yang tidak hanya menekankan aspek pendidikan semata, akan tetapi meliputi juga aspek gizi, kesehatan, pengasuhan, dan pertolongan anak. Layanan PAUD Holistik-Integratif ditujukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak usia dini secara utuh meliputi kesehatan dan gizi, pendidikan, dan pengasuhan sesuai segmentasi umur, serta untuk melindungi anak dari perlakuan yang salah, baik pada tataran keluarga maupun lingkungan, Layanan tersebut diselenggarakan secara terintegrasi dan selaras antar forum pelayanan terkait, sesuai kondisi wilayah.
Berdasarkan ajaran di atas aneka macam kebijakan pengembangan PAUD terus ditingkatkan oleh Pemerintah Indonesia sampai hari ini. Kementerian Pendidikan Nasional telah tetapkan PAUD sebagai salah satu fokus utama pembangunan pendidikan Indonesia 5 (lima) tahun ke depan dan mempunyai rencana strategis untuk memperluas jalan masuk dan meningkatkan mutu layanan PAUD melalui upaya penerapan pendekatan PAUD Holistik-Integratif.
PAUD Holistik-Integratif, yaitu PAUD yang tidak hanya menekankan aspek pendidikan semata, akan tetapi meliputi juga aspek gizi, kesehatan, pengasuhan, dan pertolongan anak. Layanan PAUD Holistik-Integratif ditujukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak usia dini secara utuh meliputi kesehatan dan gizi, pendidikan, dan pengasuhan sesuai segmentasi umur, serta untuk melindungi anak dari perlakuan yang salah, baik pada tataran keluarga maupun lingkungan, Layanan tersebut diselenggarakan secara terintegrasi dan selaras antar forum pelayanan terkait, sesuai kondisi wilayah.
Sumber : Disarikan dan dirangkum dari aneka macam sumber !!
Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/
0 Response to "Pentingnya Penyelenggaraan Paud Holistik-Integratif"
Posting Komentar