ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Berikut ini yaitu tanya jawab dan rincian pertanyaan beserta jawabannya, pertanyaan-pertanyaan ini juga sering penulis dapatkan ketika menunjukkan presentasi dan bahan perihal PAUD. Ini yaitu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan dalam forum-forum kegiatan PAUD tersebut, baik dari pendidik, pengelola, orang bau tanah atau masyarakat pada umumnya. Seperti berikut ini:
1. Apakah yang dimaksud dengan PAUD ?
PAUD yaitu suatu upaya pelatihan yang ditujukan kepada anak semenjak lahir hingga dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui santunan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani biar anak mempunyai kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
2. Mengapa aktivitas PAUD itu penting ?
Masa anak usia dini merupakan masa emas perkembangannya, banyak pengalaman yang diperoleh anak melalui panca indera akan menciptakan jaringan otaknya menjadi subur dan berkembang. Kualitas otak anak dipengaruhi oleh faktor kesehatan, gizi, dan stimulasi/ rangsangan yang diterima anak setiap hari melalui panca inderanya. Rangsangan yang diterima di aktivitas PAUD menciptakan anak siap mengikuti pendidikan selanjutnya.
3. Mengapa kini banyak PAUD Di aneka macam wilayah dan tempat di Indonesia?
Bertumbuh suburnya PAUD di Indonesia lantaran PAUD telah menjadi komitmen/kesepakatan nasional untuk memperbaiki kualitas insan Indonesia biar menjadi generasi yang lebih berkualitas, setiap anak perlu mengikuti pendidikan semenjak usia dini.
4. Sejak kapankah aktivitas PAUD Di Indonesia dimulai dalam skala besar oleh pemerintah?
Sejak terbentuknya Direktorat PAUD (saat itu PADU) pada tahun 2001
5. Apakah anak saya yang masih berusia satu tahun perlu dimasukan ke lembaga PAUD?
Ya, biar mendapat layanan pendidikan dan pengasuhan semenjak dini yang optimal. Anak-anak usia 0-2 tahun sanggup mengikuti layanan pengasuhan bersama di Pos PAUD seminggu sekali bersama orang tuanya; pada usia 2-4 tahun sanggup mengikuti layanan KB 2 - 3 kali/minggu; pada usia 4-6 tahun sanggup mengikuti layanan TK/RA. Sebaiknya anak dimasukan ke SD/MI sesudah berusia 7 tahun atau sekurang-kurangnya sesudah 6 tahun.
6. Bagaimana jawaban bila anak kurang memperoleh layanan PAUD PADA usia dini ?
Perkembangan jaringan otak tidak optimal dan sebagian sel otaknya akan mati/musnah sehingga mempengaruhi kecerdasan dan kecakapan psikis lainnya.
7. Apa sajakah bentuk layanan PAUD ?
1. Apakah yang dimaksud dengan PAUD ?
PAUD yaitu suatu upaya pelatihan yang ditujukan kepada anak semenjak lahir hingga dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui santunan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani biar anak mempunyai kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
2. Mengapa aktivitas PAUD itu penting ?
Masa anak usia dini merupakan masa emas perkembangannya, banyak pengalaman yang diperoleh anak melalui panca indera akan menciptakan jaringan otaknya menjadi subur dan berkembang. Kualitas otak anak dipengaruhi oleh faktor kesehatan, gizi, dan stimulasi/ rangsangan yang diterima anak setiap hari melalui panca inderanya. Rangsangan yang diterima di aktivitas PAUD menciptakan anak siap mengikuti pendidikan selanjutnya.
3. Mengapa kini banyak PAUD Di aneka macam wilayah dan tempat di Indonesia?
Bertumbuh suburnya PAUD di Indonesia lantaran PAUD telah menjadi komitmen/kesepakatan nasional untuk memperbaiki kualitas insan Indonesia biar menjadi generasi yang lebih berkualitas, setiap anak perlu mengikuti pendidikan semenjak usia dini.
4. Sejak kapankah aktivitas PAUD Di Indonesia dimulai dalam skala besar oleh pemerintah?
Sejak terbentuknya Direktorat PAUD (saat itu PADU) pada tahun 2001
5. Apakah anak saya yang masih berusia satu tahun perlu dimasukan ke lembaga PAUD?
Ya, biar mendapat layanan pendidikan dan pengasuhan semenjak dini yang optimal. Anak-anak usia 0-2 tahun sanggup mengikuti layanan pengasuhan bersama di Pos PAUD seminggu sekali bersama orang tuanya; pada usia 2-4 tahun sanggup mengikuti layanan KB 2 - 3 kali/minggu; pada usia 4-6 tahun sanggup mengikuti layanan TK/RA. Sebaiknya anak dimasukan ke SD/MI sesudah berusia 7 tahun atau sekurang-kurangnya sesudah 6 tahun.
6. Bagaimana jawaban bila anak kurang memperoleh layanan PAUD PADA usia dini ?
Perkembangan jaringan otak tidak optimal dan sebagian sel otaknya akan mati/musnah sehingga mempengaruhi kecerdasan dan kecakapan psikis lainnya.
7. Apa sajakah bentuk layanan PAUD ?
- Taman Kanak-kanak atau TK, merupakan salah satu bentuk satuan PAUD bagi anak usia 4-6 tahun.
- Raudatul Athfal atau RA, merupakan salah satu bentuk satu PAUD dengan kekhasan agama Islam bagi anak usia 4-6 tahun.
- Kelompok Bermain atau KB, merupakan salah satu bentuk satuan PAUD bagi anak usia 2 - 4 tahun dan sanggup diperpanjang hingga usai 6 tahun dalam hal di lokasi tersebut belum ada TK/RA.
- Taman Penitipan Anak atau TPA merupakan salah satu bentuk satuan PAUD bagi anak usia 0-6 tahun bagi keluarga yang berhalangan mengasuh anak lantaran bekerja atau alasannya lain.
- Pos Pendidikan Anak Usia Dini atau Pos PAUD merupakan salah satu bentuk satuan PAUD bagi anak usia 0-6 tahun yang penyelenggaraannya diintegrasikan dengan layanan Posyandu dan Bina Keluarga Balita (BKB). Pos PAUD dikategorikan sebagai Satuan PAUD Sejenis. Selain itu masih ada bentuk-bentuk satuan PAUD homogen lainnya ibarat PAUD berbasis Taman Pendidikan Al-Qur'an (PAUD-TPQ), PAUD Berbasis Pelayanan Anak Agama Nasrani (PAUD-PAK), dan PAUD Berbasis Bina Iman Anak (BIA).
8. Apakah perbedaan antara Taman Kanak-kanak dan PAUD ?
PAUD merupakan jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar yang ditujukan bagi anak semenjak lahir hingga dengan usia 6 tahun yang sanggup di selenggarakan dalam bentuk TK/RA, KB, TPA, dan SPS. Dengan demikian, Taman Kanak-kanak merupakan salah satu bentuk layanan PAUD.
9. Mengapa beberapa layanan PAUD tersebut mempunyai target usia yang sama?
Berbagai bentuk satuan PAUD tersebut dimaksudkan sebagai alternatif untuk menunjukkan pilihan kepada masyarakat bentuk layanan mana yang paling sesuai dengan kondisi dan kemampuan yang ada.
Penyelenggaraan PAUD jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-kanak (TK)RAudhatul Atfal (RA) dan bentuk-bentuk lain yang sederajat, memakai aktivitas untuk anak usia 4 - 6 tahun. Sedangkan penyelenggaraan PAUD jalur pendidikan nonformal berbentuk Taman Penitipan Anak (TPA) dan bentuk lain yang sederajat, memakai aktivitas untuk anak usia 0 - 2 tahun, 2-4 tahun, 4-6 tahun dan Program Pengasuhan untuk anak usia 0-6 tahun; Kelompok Bermain (KB) dan bentuk lain yang sederajat, memakai aktivitas untuk anak usia 2 - 4 tahun dan 4 - 6 tahun.
10. Apa yang perlu diperhatikan oleh orangtua dalam menentukan PAUD bagi pendidikan anaknya?
Pilih lembaga yang pembelajarannya melalui bermain dan menunjukkan stimulasi/rangsangan pendidikan kepada anak sesuai tahap perkembangannya lantaran naak mencar ilmu melalui apa yang didengar, dilihat, dicium, diraba/sentuh, dan dirasakannya. Jangan paksa anak untuk menguasai bahan pelajaran sekolah dasar ibarat membaca, menulis dan berhitung lantaran belum saatnya.
0 Response to "10 Pertanyaan Dan Tanggapan Ihwal Paud Pendidikan Anak Usia Dini"
Posting Komentar