10 Tips Menggendong Bayi Dibawah 5 Bulan

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
masa ringkih dan lemah yang harus diberikan perlakuan khusus dalam perawatannya 10 TIPS MENGGENDONG BAYI DIBAWAH 5 BULAN
Bayi usia 0-4 bulan yakni masa-masa ringkih dan lemah yang harus diberikan perlakuan khusus dalam perawatannya. Termasuk dalam hal menggendong, perlu sekali kehati-hatian kita untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang sanggup menyakiti bayi. Berikut beberapa tips untuk menggendong bayi yang berusia dibawah 5 bulan yang baik dan kondusif sebagai berikut :

  1. Sebelum mengangkat bayi, kita harus benar-benar yakin bahwa kita siap, contohnya jangan ada satu barang pun yang kita pegang, semoga supaya tangan cukup besar lengan berkuasa memegang dan mengangkat bayi yang akan kita gendong. 
  2. Suasana hati kita ketika menggendong harus baik semoga tujuan menggendong-membuat bayi aman, nyaman, dan mencicipi kasih sayang kita tercapai, ketika menggendong, usap, tepuk-tepuk, bersenandung, atau tatap mata bayi sambil tersenyum, dan ajaklah ia bicara ini berkhasiat untuk perkembangan emosinya.
  3. Tentukan posisi yang benar dalam menggendong bayi, yang terbaik yakni gendong bayi dengan posisi bayi berbaring lurus sepanjang lengan kita alasannya keseimbangan bayi belum baik. Kondisi leher, punggung, dan kaki bayi belum sanggup menyangga badan dengan baik, sehingga tiga bab itu harus ditopang. Gunakan satu tangan kita untuk menahan bokong bayi, tangan lainnya menyangga punggung, leher dan kepala.
  4. Sesuaikan arah menggendong bayi dengan kebutuhannya, bila bayi ingin di tidurkan maka gendong bayi di sebelah kiri, tapi bila ingin diberi susu dot atau makan, gendong bayi disebelah kanan. Karena bila kita menggendong bayi dengan posisi kepala disebelah kiri, membantu menenangkannya, alasannya bayi sanggup mendengar detak jantung kita. Sedangkan menggendong dengan kepala di sebelah kanan membangkitkan semagat ddan membuatnya terjaga. 
  5. Jangan dekap bayi terlalu erat alasannya sanggup menciptakan bayi merasa tidak nyaman. Bahkan kemungkinan sanggup menjadikan bayi sulit untuk bernafas.
  6. Jika menggunakan gendongan pilih gendongan yang kondusif contohnya gendongan model silang dari kain. Sering-seringlah menilik posisi bayi dalam gendongan untuk memastikan keamanannya.
  7. Tentukan waktu yang baik untuk mengandong bayi, diantara waktu yang baik itu yakni ketika menidurkan, menenangkan, hendak menyusui, atau bila ia mengalami kolik. Di luar itu, sebaiknya bayi diletakan dalam boksnya saja.
  8. Ketika menggendong boleh sambil digoyang atau diayun tetapi dengan lembut dan perlahan, jangan mengayun terlalu keras hingga bayi terguncang. Karena ini sanggup berbahaya bagi bayi, terlebih bila ia punya riwayat kelainan pembuluh darah atau pembekuan darah, maka akan memperparah penyakit bayi tersebut.
  9. Jangan sembarangan menunjukkan bayi kita untuk digendong orang lain. Batasi jumlah orang yang menggendongnya, semoga bayi sanggup mengenali aroma badan orang-orang terdekat yang sering menggendongnya dan ciptakan keterikatan (bonding) orang terdekat dengan si bayi.
  10. Biasakan menjaga kebersihan tangan, tubuh, dan pakaian kita sebelum menyentuh si bayi untuk menghindarkan dari aneka macam basil penyakit yang sanggup menulari bayi.
Demikian 10 tips menggendong bayi dibawah usia 5 bulan yang baik dan aman,  semoga bermanfaat, terima kasih.

Sumber : Disarikan dari aneka macam sumber!!
Sumber Foto : http://www.voaindonesia.com/

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "10 Tips Menggendong Bayi Dibawah 5 Bulan"

Posting Komentar