Manfaat Menyanyi Untuk Anak

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

 terutama anak balita kita bahagia bila kita juga menyanyi untuk mereka MANFAAT MENYANYI UNTUK ANAK Anak-anak bahagia bernyanyi, terutama anak balita kita bahagia bila kita juga menyanyi untuk mereka,
menyanyi selain sebagai selingan bermain atau bergembira maupun sebagai pengantar tidur mereka. Menyanyi untuk anak sanggup memperlihatkan nilai positif terhadap perkembangan mereka, selain sanggup memperlihatkan perasaan senang, besar hati dan menenangkan juga sanggup dijadikan salah satu media alternatif untuk menanamkan nilai-nilai aksara yang sanggup membangun kepribadian anak yang lebih baik dimasa yang akan datang.



Secara mendasar, menyanyi sendiri mempunyai pengaruh membangun yang luar biasa bagi seorang anak, baik pada masa-masa balita maupun usia pra sekolah, banyak manfaat dan hal-hal positif didapat bila belum dewasa atau kita sendiri menyanyi dengan gembira. Salah satu hal yang menarik yaitu bahwa menyanyi ternyata sangat baik untuk kesehatan anak. Professor Graham Welch, seorang Profesor dari sekolah musik di Institut Pendidikan, Universitas London, Inggris, mengungkapkan: bernyanyi ternyata merupakan kegiatan yang menyehatkan bagi seseorang. Graham yang telah 30 tahun meneliti manfaat menyanyi bagi kesehatan menyampaikan bahwa menyanyi ternyata sanggup menyehatkan jantung dan paru-paru, mengapa demikian? alasannya yaitu bernyanyi juga merupakan sebuah acara senam yang bisa meningkatkan pasokan oksigen ke pedoman darah di seluruh badan dan meningkatkan efisiensi sistem kadiovaskular (jantung).

Bernyanyi bagi anak juga sanggup meningkatkan kemampuan refleks dan kewaspadaan anak, alasannya yaitu pedoman oksigen sanggup mengalir lebih lancar ke seluruh badan anak. Dengan bernyanyi anak juga berolahraga untuk membangun  sebagian otot tubuhnya. Saat bernyanyi, hampir sebagian besar otot-otot di sekitar perut (diafragma) akan bekerja dan ini dianggap sebagai latihan yang sangat baik untuk otot badan bab atas. Latihan vokal bagi anak melibatkan latihan pernafasan dan latihan pada otot jantung dan paru-paru.

Selain memperlihatkan manfaat bagi kesehatan fisik menyerupai yang disebutkan di atas, bernyanyi juga mempunyai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan psikis dan psikologis anak. Dengan bernyanyi, maka perasaan anak akan terekspresikan, menjadi lebih lega dan lebih bersemangat lagi. Aktivitas bernyanyi juga bisa membangkitkan semangat dan menurunkan tingkat strees anak melalui kerja sistem endokrin badan anak yang bekerjasama dengan perasaan merasa nyaman, hangat, dan lebih baik. Menyanyi bisa menciptakan perasaan lebih baik alasannya yaitu dilepaskannya hormon endorfin keseluruh badan ketika anak bernyanyi dengan ceria.

Benyanyi juga sanggup meningkatkan sistem imun (kekebalan) badan anak. Menurut sebuah studi yang dilakukan di Universitas Frankfurt, di Jerman yang sudah diterbitkan di US Journal of Behavioral Medicine, disebutkan bahwa menyanyi sanggup meningkatkan sistem imun badan seseorang. Para peneliti melaksanakan tes darah pada anggota kelompok paduan bunyi profesional di Frankfurt, tes darah dilakukan 60 menit sebelum dan setelah latihan menyanyi. Dari penelitian tersebut, diperoleh bahwa konsentrasi imunoglobulin A, protein yang ada dalam sistem imun badan insan yang berfungsi sebagai antibodi ternyata meningkat dengan signifikan selama kegiatan menyanyi berlangsung. Hal ini tentunya juga terjadi terhadap anak-anak, dengan kegiatan menyanyi mereka akan meningkatkan daya tahan badan mereka terhadap penyakit.

 Nah...bapak...Ibu... jangan larang ya bila sikecil mau menyanyi...temanin dong...!!!


Sumber : Diambil dari Berbagai Sumber!!






Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Manfaat Menyanyi Untuk Anak"

Posting Komentar