Inilah Fungsi Dan Pentingnya Pendidikan Seni Di Tk

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
PAUD--Anakbermainbelajar---Seperti kita ketahui bahwa tujuan pendidikan di Taman Kanak-kanak ialah membuatkan kemampuan fisik, bahasa, sosial, emosional, moral dan nilai agama, kognitif, serta tidak ketinggalan seni. Kemampuan ini tercakup dalam 3 rumpun kemampuan umum, yaitu: rumpun moral dan nilai agama; sosial-emosional; dan kemampuan dasar yang mencakup pengembangan bahasa, kognitif dan pra-akademik.


Pada dasarnya tujuan pendidikan seni di Taman Kanak-kanak bukanlah menciptakan anak bisa menghasilkan keterampilan khusus atau andal dan terampil dalam memainkan musik, tetapi lebih pada membuatkan segenap kemampuan potensi anak dan membantu anak untuk bisa mengungkapkan yang mereka ketahui dan yang mereka rasakan, serta anak mulai mengungkapkan diri melalui seni. Di sini proses lebih menjadi perhatian daripada sekedar hasil belajar.

Di Taman Kanak-kanak sentra perhatian pendidikan seni diarahkan pada proses yang mencakup hal-hal sebagai berikut :
1. Belajar melalui bermain
2. Belajar melalui observasi
3. Belajar melalui eksplorasi
4. Belajar melalui imitasi
5. Belajar melalui seni
6. Belajar melalui gerak untuk mengenal jarak, waktu, arah serta tubuh.

Sesuai kurikulum tahun 2004, pendidikan di Taman Kanak-kanak bertujuan membuatkan kemampuan fisik, bahasa, sosial-emosional, moral dan nilai agama, kognitif serta seni. Pendidikan ini tercakup dalam 3 rumpun pengembangan yaitu pengembangan moral dan nilai agama, sosial emosional serta kemampuan dasar bahasa, kognitif dan pra-akademik (Kurikulum Pendidikan Usia Dini 2004, Diknas).

Dalam Kurikulum Nasional pengembangan seni mengacu pada kompetensi dasar anak bisa mengungkapkan gagasan dan daya ciptanya dalam banyak sekali bentuk mencakup banyak sekali media; bergerak sesuai irama musik dan menyanyi (Kurikulum Pendidikan Usia Dini - TK, 2004). Walaupun kurikulum hanya menyebutkan hal yang fundamental namun dalam pengembangannya sanggup lebih luas dan mendalam, asalkan diubahsuaikan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Secara umum pendidikan seni anak Taman Kanak-kanak mempunyai 4 (empat) fungsi utama, yaitu:
1. Fungsi Ekspresi
Anak memproleh kesempatan menyatakan pikiran dan perasaan dengan bebas dalam bentuk bunyi, rupa gerak dan bahasa atau gabungannya. Anak sanggup bebas mewarnai gambar sesuai kesukaannya. Anak sanggup menyanyikan nyanyian dengan bunyi yang besar lengan berkuasa atau lembut, dan lain sebagainya.

2. Fungsi Komunikasi
Anak memberikan pesan melalui bunyi rupa, gerak dan bahasa. Ketika anak bernyanyi bersahutan dan bergerak berpasangan sambil saling menyebutkan nama pasangannya, maka terjadilah komunikasi antarmereka.

3. Fungsi Pengembangan Bakat
Setiap anak yang lahir mempunyai kemampuan yang dibawa semenjak lahir. Ada anak yang dengan gampang bisa berbicara dengan benar dan tepat, ada anak yang berakal dalam gerak dan ada yang berakal melaksanakan gerak sesuai irama, walaupun belum sanggup bernyanyi. Bilamana guru dan orang renta atau orang yang erat dengan anak mengarahkan serta mengingatkan kemampuan anak, maka anak mempunyai kemampuan yang kokoh. Menurut Edwin Gordon kemampuan musik sebaiknya dikembangkan sebelum usia 9 tahun semoga selanjutnya sanggup berkembang dengan baik.

4. Fungsi Kreativitas
Sebenarnya sebagian besar anak suka bereksplorasi. Dengan tersedianya media seni rupa berupa gabungan tepung, balok-balok kayu dan banyak sekali sumber gerak anak cenderung bereksplorasi memakai media tersebut. Anak sanggup menciptakan bentuk hewan dari odonan tepung, memainkan alat musik serta menciptakan gerak-gerak badan sesuai imajinasinya. Pembinaan dan kesempatan berkreasi ialah hal yang harus dilakukan semenjak usia dini. Perlu diingat kreatif tidak hanya mencipta dari tidak ada menjadi ada, tetapi mengubah yang telah ada yang berarti menciptakan model gres dari yang usang (modifikasi), dengan melaksanakan improvisasi.

Demikianlah menurut hal-hal tersebut sanggup kita pahami pendidikan seni mengandung banyak laba dan nilai bagi pendidikan anak. Pendidikan seni bagi anak mempunyai makna yang berbeda dari yang biasanya dilakukan baig orang dewasa. Pendidikan seni bagi anak menekankan pada fungsinya dari pada hasil semata-mata. Proses kerja seni pada anak lebih menekankan pada pengalaman yang menghasilkan banyak sekali efek atau hasil yang menguntungkan bagi pendidikan pada umumnya, bukan hanya bagi hasil kerja seni itu sendiri. semoga bermanfaat. terimakasih.

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Inilah Fungsi Dan Pentingnya Pendidikan Seni Di Tk"

Posting Komentar