Mengenal Sekilas Pusat Di Paud

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Apa itu pusat ? demikian pertanyaan banyak orang, termasuk para orang bau tanah dikala melihat forum Paud tempat anak mereka melakukan pembelajaran dengan metode pusat ini. Ketika awal diperkenalkan banyak orang bau tanah yang masih belum bisa memahami bahkan tidak mendapatkan cara mencar ilmu anak mereka dengan metode pusat ini, orang bau tanah masih beranggapan cara mencar ilmu konvensional masih yang terbaik, pusat mereka anggap  tidak berguna, hanya membuang-buang waktu anak, bermain-main, dan tidak menciptakan anak belajar. Pemahaman yang keliru para orang bau tanah inilah yang menjadi salah satu penyebab lembaga-lembaga paud di Indonesia, terutama yang ada di kawasan pedalaman, enggan dan ragu-ragu untuk melakukan pusat di forum mereka, alasannya yakni mereka takut para orang bau tanah anak tidak bisa mendapatkan metode pembelajaran pusat yang akan mereka lakukan.

Pemahaman keliru masyarakat dan orang bau tanah itu bertolak belakang dengan pentingnya metode mencar ilmu dengan pusat ini. Sentra sendiri yakni aktivitas mencar ilmu yang sesuai dengan karakterisitik dan perkembangan anak. Tidak ibarat metode konvensional tradisional yang selama ini dilaksanakan di banyak forum Paud yang kebanyakan menjejali anak dengan huruf dan angka yang didril terus menerus yang menjadikan anak kehilangan masa-masa penting sesuai usia mereka sebagai belum dewasa yang perlu bermain, bergembira dan mengekplorasi lingkungan yang penuh pengetahuan. Selama ini anak yang didrill, dijejali, dipaksa, mencar ilmu hapalan, huruf dan angka dengan  berakibat anak akan bosan belajar, sehingga kelak begitu mereka berada disekolah lanjutan kebosanan ini mungkin sanggup meningkat menjadi kemalasan mencar ilmu yang sangat parah.

Sentra berdasarkan Rebecca Isbel  sesuai bagi pembelajaran anak alasannya yakni :
  1. Sentra sebagai representasi dari dunia dan pikiran anak
  2. Sentra yang efektif didesain untuk menghubungkan dunia anak sebagai pembelajar yang aktif, dengan dunia yang diketahuinya, alasannya yakni itu perlu dirancang untuk memotivasi anak untuk terlibat di dalamnya
  3. Sentra merupakan aplikasi dari pembelajaran terintegrasi (integrated learning)
  4. Setiap pusat didukung dengan alat dan materi main yang sanggup dipakai anak sesuai dengan gagasannya.
  5. Sentra sangat fleksibel alasannya yakni sanggup dibuka di dalam maupun di luar ruangan.

Kaprikornus mengapa pusat itu anggun dan penting? alasannya yakni metode pembelajaran anak usia dini dengan pusat ini dikembangkan berdasarkan penelitian dan didukung teori yang sesuai dengan pendidikan dan perkembangan anak.

Disentra anak dapat:
  1. Mengembangkan rasa percaya diri dan melatih kemampuan dalam mengatasi permasalahannya
  2. Mencoba, bereksplorasi, menyebarkan gagasan, dan menata ulang apa yang seharusnya terjadi berdasarkan pemahamannya.
  3. Mengembangkan rasa tanggungjawab terhadap alat dan materi main yang digunakan
  4. Membangun kemampuan bekerjasama, interaksi sosial yang lebih intensif dibanding dalam kelompok besar.
 Jadi...Bunda...Ayah...Jangan ragu-ragu dan takut ya...di pusat Ananda belajar...kok.!!


Baca juga : Mengenal Konsep Dasar Sentra BCCT;


Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Mengenal Sekilas Pusat Di Paud"

Posting Komentar