Metode Sosiodrama Untuk Anak Tk Paud

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280


Dalam aktivitas bermain salah satu metode yang digunakan yaitu metode sosiodrama, sosiodrama yaitu Drama yang merupakan salah satu bentuk karya seni khususnya sastra yang mempunyai bab dan aktivitas untuk diperankan oleh pemeran (aktor). Pengertian drama ini yang berarti aksi, perbuatan dan tindakan. Sosiodrama untuk anak Taman Kanak-kanak PAUD yaitu suatu cara memerankan beberapa kiprah dalam suatu dongeng tertentu yang menuntut integrasi di antara para pemerannya yaitu bawah umur usia Taman Kanak-kanak dan PAUD. Dengan pemikiran bahwa metode ini sanggup merupakan kelanjutan atau puncak dari aktivitas bercerita maka ada beberapa Taman Kanak-kanak dan PAUD yang mengemas metode ini sedemikian rupa dan memakai sosiodrama sebagai aktivitas pentas final tahun pelajaran di sekolah tersebut. 

Kegiatan ini sanggup dimulai dengan menentukan buku dongeng yang disukai bawah umur di kelas, kemudian didiskusikan alur dongeng maupun tokoh-tokoh pemerannya. Apabila telah diyakini sebagi dongeng favorit bawah umur di  Taman Kanak-kanak dan PAUD maka sanggup dibentuk komitmen bersama bahwa dongeng ini akan diperankan untuk pementasan final tahun. Anak-anak bebas menentukan tokoh-tokoh yang diinginkannya. Dengan sistem latihan yang rutin seminggu dua kali di awal atau final aktivitas pembelajaran maka akan memudahkan guru dan tidak akan membebani anak.

Manfaat sosiodrama serupa dengan bermain peran. Metode ini sanggup digunakan sebagai aktivitas yang mengutamakan pegembangan kemampuan berekspresi sehingga anak sanggup menghayati berbagia bentuk perasaan juga menggali daya khayal (imajinasi) dan kreativitas anak. Hal yang membedakan sosiodrama dengan bermain kiprah yaitu sosiodrama menekankan pada tanggung jawab individu dan kolaborasi antrapemeran dalam memerankan tokoh-tokoh guna kelancaran jalannya alur dongeng yang ditampilkan. Pada umumnya kiprah yang dimainkan diangkat dari kehidupan sehari-hari di masyarakat. 



Langkah-langkah metode sosiodrama :
  1. Pada pijakan awal jelaskan dan diskusikan pada anak pemilihan tema dan judul drama yang akan dimainkan.
  2. Buat persiapan naskah atau ringkasan dongeng bila diharapkan
  3. Persiapan setting  tempat, waktu, komitmen berapa usang drama dimainkan dan jumlah anak dan pemainnya.
  4. Tentukan pemeran, properti, kostum dan tata busana yang akan digunakan masing-masing anak yang mendapatkan kiprah sebagai pemeran.
  5. Akhiri permainan sesuai dengan komitmen di final dongeng atau jikalau situasi anak tidak memungkinkan lagi.
  6. Tentukan dalam komitmen kelas apakah drama ini akan dilanjutkan pada program perpisahan atau program lainnya. 
  7. Beres-beres..

Demikian metode sosiodrama untuk anak Taman Kanak-kanak dan PAUD. Semoga bermanfaat..

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Metode Sosiodrama Untuk Anak Tk Paud"

Posting Komentar