Kegiatan Pembelajaran Di Tk (Taman Kanak-Kanak)

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Program acara Belajar di TK

kanak yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor  KEGIATAN PEMBELAJARAN DI Taman Kanak-kanak (TAMAN KANAK-KANAK)
Dengan berlakunya Undang-undang Nomor 2 tahun 1989 perihal sistem pendidikan nasional, maka kurikulum Taman Kanak-kanak yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 1990 perihal Pendidikan Prasekolah disebut dengan Program Belajar Taman Kanak-kanak. Program acara berguru berdasarkan Keputusa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu : agenda acara berguru yaitu seperangkat planning dan peraturan mengenai isi dan materi acara serta cara yang dipakai sebagai mengajar (Depdikbud, 1993:2).

Isi agenda acara berguru Taman Kanak-kanak meliputi agenda pembentukan sikap melalui adaptasi dan agenda pengembangan kemampuan dasar yang merupakan suatu kesatuan yang utuh, agenda acara yang dimaksud harus dilandasi oleh Pembinaan kehidupan beragama untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah Yang Maha Esa. Sehubungan dengan itu pengembangan dasar yaitu merupakan agenda yang dipersiapkan oleh guru, sedangkan agenda pembentukan sikap sanggup dilaksanakan terus-menerus dan ada dalam kehidupan sehari-hari di TK, sehingga menjadi kebiasaan yang baik.

Program Pembentukan Perilaku sanggup dilaksanakan melalui:
  1. Kegiatan rutin contohnya : berdoa, mengucapkan salam
  2. Kegiatan spontan, contohnya : teguran pada anakyang jail
  3. Kegiatan dengan teladan / rujukan guru contohnya : berpakaian rapi, bertutur kata yang baik
  4. Kegiatan yang di rencanakan (terprogram) contohnya : dalam persiapan mengajar.
Mengingat pentingnya agenda pembentukan perilaku, maka harus dilaksanakan secara seimbang dengan kemampuan dasar sehingga pelaksanaan acara berguru mengajar di Taman Kanak-kanak sanggup mencapai hasil yang optimal.  

Fungsi Program Kegiatan Belajar

Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak berfungsi untuk :
  1. Mengembangkan seluruh kemampuan yang dimiliki oleh anak sesuai tahap perkembangannya
  2. Mengenal anak dengan dunia luar
  3. Mengembangkan sosialisasi anak
  4. Mengenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak.
  5. Memberikan kesempatan pada anak untuk menikmati masa bermain.
Tujuan Program Kegiatan Belajar TK

Program acara berguru Taman Kanak-kanak bertujuan untuk membantu meletakan dasar ke arah sikap, keterampilan dan daya cipta yang diharapkan oleh anak didik dalam mengikuti keadaan dengan lingkungannya serta untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya, membantu kesiapan anak sebelum masuk sekolah dasar.

Dalam peraturan pemerintah RI nomor 27 tahun 1990 disebutkan bahwa agenda acara berguru di taman kanak-kanak meliputi pengembangan-pengembangan sebagai berikut :
  1. Moral pancasila
  2. agama
  3. disiplin
  4. kemampuan berbahasa
  5. daya pikir
  6. daya cipta
  7. perasaan / emosi
  8. kemampuan bermasyarakat
  9. keterampilan
  10. jasmani
Metode pendidikan dan pembelajaran di TK

Dalam garis-garis besar agenda acara berguru taman kanak-kanak (GBPKB-TK1994) dan peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 tahun 1990 perihal pendidikan Prasekolah, dijelaskan bahwa agenda acara berguru Taman Kanak-kanak meliputi upaya pengembangan yang meliputi hal-hal sebagai berikut :
  1. Program acara berguru mengajar dalam rangka pembentukan perilaku, melalui adaptasi yang terwujud dalam acara sehari-hari yang meliputi pengembangan agama,moral pancasila, disiplin, perasaan emosi dan kemampuan masyarakat.
  2. Program acara berguru dalam ranka pengembangan kemampuan dasar, melalui acara yang dipersiapkan oleh guru meliputi pengembangan kemampuan pendidikan agama islam, berbahasa, daya pikir,daya cipta, keterampilan dan jasmani (GBPKB-TK 1994 : 2).
Pembentukan sikap dan pengembangan kemampuan dasar tersebut dicapai melalui metode yang dipakai semoga sanggup memacu perkembangan-perkembangan sebagai berikut:
  1. Perkembangan motorik
  2. Perkembangan Daya Cipta dan Bahasa
  3. Perkembangan kreativitas dan keterampilan
  4. Perkembangan Emosi
  5. Perkembangan Proses Sosialisasi dan Perilaku.
Referensi :
Pendidikan dasar dan menengah, Direktorat jenderal. (2003).Pengembangan Multiple Intelegence Di Taman Kanak-kanak. Jakarta. Direktorat Pendidikan Taman Kanak-kanak SD Depdiknas.
Pendidikan dasar dan menengah, Direktorat jenderal. (1996) Garis-garis Besar Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak 1994. Jakarta. Depdiknas

Sumber Gambar : http://kekeyohanes.blogspot.com/

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Kegiatan Pembelajaran Di Tk (Taman Kanak-Kanak)"

Posting Komentar