ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Kegiatan menggunting merupakan kelanjutan dari tahap aktivitas meremas dan merobek kertas pada anak PAUD. Kegiatan menggunting dimaksudkan untuk melatih kemampuan motorik halus anak khusunya untuk melatih jari-jari anak melalui aktivitas menggunting dengan media gunting dan kertas dengan aneka macam rujukan sesuai tahap perkembangan anak.
Anak perlu mengunting karena
a. Menggunting merupakan aktivitas yang sangat disukai anak
b.berguna untuk membuatkan sensori motor
c.berguna untuk membuatkan kekuatan otot tangan
d.berguna untuk membuatkan kekuatan jari tangan Tujuan mengunting ialah untuk mempersiapkan anak usia dini menuju pendidikan tahap selanjutnya khususnya kemampuan untuk menulis alasannya ialah dalam menulis diharapkan kekuatan otot-otot jari-jari dan koordinasi mata dengan tangan yang sanggup dilatih melalui mengunting.
Sebelum anak memasuki tahapan pengalaman menggunting, anak harus diberikan kegiatan-kegiatan awal yang difasilitasi orang renta atau pendidik, yaitu :
1. Kegiatan anak memungut benda-benda kecil
2. Kegiatan meremas
3. Kegiatan merobek dengan sepenuh tangan
4. Kegiatan merobek dengan jari.
Untuk aktivitas menggunting ini ada beberapa persiapan yang harus dilakukan pendidik atau orang renta di rumah yaitu :
1. Menyiapkan gunting
Untuk anak berilah gunting yang bab depannya tumpul biar tidak membahayakan bagi anak.
2. Menyiapkan kertas yang akan digunting anak dengan persiapan kertas sebagai berikut :
- Kertas polos (tidak diberi pola)
- Kertas dengan rujukan garis sejajar penuh
- Kertas dengan rujukan garis sejajar patah-patah
- Kertas dengan garis zig zag
- Kertas dengan rujukan garis lengkung
- Kertas dengan rujukan lingkaran
- Kertas dengan rujukan kompleks dengan bentuk-bentuk tertentu
3. Menyiapkan amplop
Amplop disiapkan untuk mendokumentasikan hasilguntingan anak, satu amplop untuk satu anak.
Adapun tahapan-tahapan aktivitas menggunting yang sanggup dilakukan bagi anak adalah:
Tahap ke-1 : Menggunting sekitar pinggiran kertas
Tahap ke-2 : Menggunting dengan sepenuh bukaan gunting
Tahap ke-3 : Membuka dan menggunting terus menerus untuk sepanjang kertas
Tahap ke-4 : Menggunting di antara dua garis lurus
Tahap ke-5 : Menggunting Bentuk tetapi tidak pada garis
Tahap ke-6 : Menggunting pada garis tebal dengan terkendali
Tahap ke-7 : Menggunting majemuk bentuk
Sumber dan Rekomendasi :
- Departeman Pendidikan Nasional BPPLSP Reg III Jateng 2007. Menggunting Panduan Mudah Pendidik PAUD. Semarang.
- Departemen Pendidikan Nasional 2006. Pedoman Penerapan Pendekatan Beyond Centers And Circle Time (BCCT) (Pendekatan Sentra dan bulat Dalam Pendidikan Anak Usia Dini). Jakarta
- Departeman Pendidikan Nasional 2004. Materi Pelatihan (TOT) Tenaga Pendidik Kelompok Bermain. Jakarta.
0 Response to "Kegiatan Menggunting Pada Anak Paud"
Posting Komentar