ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Metode membaca dan menulis yang selama ini dilaksanakan di sebagian besar forum PAUD dan TK, masih memakai metode usang yaitu mengeja dan mendektekan hurup dan angka. Cara ini sangat tidak sesuai dengan perkembangan anak, bahkan ada sebagian yang beropini cara ini menzalimi anak merampas hak-hak anak di usianya yang masih memerlukan kegiatan bermain ini. Karena itu diharapkan cara dan metode mencar ilmu untuk anak yang sesuai dengan tahapan usia dan perkembangannya yaitu kegiatan mencar ilmu dengan bermain, mencar ilmu membaca dan menulis dengan bermain.
Cara mencar ilmu menulis dan membaca melalui bermain yang menyenangkan untuk bawah umur PAUD dan Taman Kanak-kanak ini sanggup dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut :
1. Kegiatan bermain kata dalam Pijakan awal kelompok di kelas
Di sini guru sanggup memulai dengan menanyakan kegiatan anak di rumah sebelum berangkat kesekolah tadi pagi, contohnya perihal makan/sarapan apa pagi tadi?; Misalnya anak menjawab Roti, maka secara berurutan guru pendidik mengucapkan R - O - T - I (tidak dieja tapi hurufnya yang diucapkan berurutan dan perlahan) yang akan diikuti anak bersama-sama.
2. Kegiatan menulis dan melekat huruf di Kertas Buatan
Guru pendidik memperlihatkan sebuah kalimat atau kata yang sudah dipersiapkan yang di tulis dengan huruf yang besar-besar dan seperangkan koleksi huruf abjad, kemudian anak diajak menyusun huruf di atas kertas buatan yang sudah dipotong-potong. Lalu anak di suruh menempelkan atau menyisipkan huruf-huruf sesuai dengan kalimat atau kata yang sudah dengan huruf yang besar-besar tadi, huruf yang ditempel anak diadaptasi dengan kata yang ada, ibarat yang terlihat pada gambar di bawah ini.
3. Kegiatan menulis dan melekat huruf di Papan Tulis
Guru pendidik mengajak anak menciptakan bentuk huruf di kertas yang sudah dipotong-potong. Lalu salah satu anak di suruh menempelkan kertas huruf yang dibuatnya di papan tulis, huruf yang ditempel anak kebetulan huruf B guru menyebutkan satu kata benda yang sangat dikenal anak contohnya Buku, kemudian anak yang memiliki huruf U dan K kita minta memasangnya secara acak dipapan tulis, kemudian guru bersama bawah umur menyusunnya sesuai kata B-U-K-U tadi.
3. Kegiatan Menebar dan melekat kartu huruf
Guru mempersiapkan kartu huruf abjad sesuai jumlah anak didik di kelas. Anak-anak diajak kehalaman sekolah atau tanah lapang, kemudian guru pendidik menaburkan kertas kecil tersebut secara bebas dan acak kehalaman. Anak disuruh mengambilnya, jangan berebutan, satu orang anak hanya boleh mengambil satu huruf, kemudian bawah umur kembali ke kelas. Guru mempersilakan anak yang memegang huruf A untuk menempelkannya di papan tulis, selanjutnya huruf K, dan U ketiga buku tersebut sanggup dibaca A-K-U. Lalu guru bantu-membantu membahasa kata AKU ini, siapa saya dan bagaimana saya semoga anak mengetahui konsep dan makna saya ini. Selanjutnya dengan cara yang sama anak sanggup menulis dan membaca kata-kata lainnya.
4. Kegiatan Menjemur Pakaian/baju huruf
Guru Pendidik mengajak bawah umur untuk menciptakan baju dari potongan atau lipatan kertas origami, kemudian masing-masing anak diminta menuliskan huruf awal dari namanya masing-masing di baju kertas yang telah dibuatnya tersebut. Setelah final guru membentangkan tali- atau benang yang telah dipersiapkan kemudian guru mengajak bawah umur menjemur baju sesuai dengan kata yang diucapkan guru contohnya PAKU, maka yang menjemur yaitu anak yang berjulukan Parmin, Ahmad, Ketty, dan Udin. bantu-membantu guru pendidik bertanya pada bawah umur huruf milik siapa bawah umur akan menjawab milik Parmin, Ahmad, Ketty, dan Udin.
5. Mencantol huruf dengan Gambar
Kita sanggup memanfaatkan gambar-gambar yang tersedia di kawasan kita, contohnya gambar-gambar Binatang, tumbuhan, rumah, alat transfortasi, dan lain sebagainya untuk untuk kegiatan mencar ilmu membaca. Caranya guru pendidik mempersiapkan seperangkat kartu huruf yang sanggup ditempel dan gambar-gambar sesuai tema yang ingin disampaikan. Guru pendidik menempelkan gambar dipapan tulis contohnya gambar Ayam kemudian salah satu anak diminta menentukan huruf pertama yang sesuai dengan gambar ayam tersebut, . dilanjutkan dengan anak ketiga, keempat, dan kelima, hingga tesusun kata A-Y-A-M tersebut. Diskusikan dengan anak apa yang dimaksud ayam dan bagaimana ayam tersebut.
6. Membuat Huruf dan Angka dari Lilin atau Adonan
Permainan lilin mainan atau gabungan yang biasanya dipakai untuk menciptakan macam-macam bentuk hewan dan benda-benda lainnya juga sanggup dimanfaatkan untuk mengajak bawah umur mengenal huruf dan angka. Carabnya, ajak anak berkreasi bebas menciptakan huruf dan angka yang manis dari lilin gabungan ini. Kemudian lakukan tanya jawab perihal apa yang dibentuk anak, alasannya yaitu menentukan huruf atau angka tersebut. Kemudian ajak anak untuk menggabung lilin yang dibuatnya dengan tema-temannya sehingga menciptakan kata-kata yang dikenalnya contohnya Sepatu, masing-masing anak sanggup diminta mengambarkan mana sepatu itu, dikaki bawah umur tentunya.
Demikian beberapa cara mencar ilmu membaca dan menulis dengan bermain untuk anak PAUD dan TK, kegiatan-kegiatan di atas harus dikaitkan dengan tujuan kita untuk membelajarkan anak secara khusus dalam kegiatan mencar ilmu menulis dan membaca. Berdasarkan pengalaman, cara yang demikian menciptakan anak lebih cepat menangkap, sanggup menulis dan membaca lebih cepat tanpa menciptakan anak bosan dan terlihat kelelahan....Terimakasih ...semoga bermanfaat.
Sumber : Disarikan dari membuatkan sumber!!
Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/
0 Response to "Cara Mencar Ilmu Membaca Dan Menulis Dengan Bermain Untuk Anak Paud Tk"
Posting Komentar