ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Anak PAUD Istiqlal |
Dalam masa-masa golden age anak usia dini, anak akan mengalami perkembangan yang sangat drastis dimulai dari perkembangan berpikir, emosi, motorik, fisik serta sosial. Aspek-aspek penting perkembangan anak Taman Kanak-kanak Taman kanak-kanak mencakup aspek perkembangan Kognitif, aspek pekembangan Fisik, dan aspek perkembangan bahasa:
1. Aspek Perkembangan Kognitif
Aspek Perkembangan Kognitif menurut Teori Piaget terdapat pembagian ialah tahapan tertentu yaitu:
- Tahap sensor motorik (usia 0 hingga 2 tahun) dimana anak mempunyai kemampuan yang terbatas yaitu pada gerak reflek.
- Tahap kedua ialah tahap pra-operasional (2 hingga 7 tahun) dimana kemampuan mendapatkan rangsangan anak masih terbatas. Kemampuan bahasa anak mulai berkembang tapi masih belum bisa berpikir abstrak, persepsi waktu serta tempat.
- Tahap ketiga ialah Tahap kasatmata operasional (7 hingga 11 tahun) dimana anak sudah bisa menuntaskan kiprah menggabungkan, menderet, menyusun, memisahkan, melipat serta membagi.
- Tahap selanjutnya ialah tahap formal operasional yakni umur 11 hingga 15 tahun di mana anak sudah sanggup berfikir asbstrak dan bisa berfikir tinggat tinggi.
2. Aspek Perkembangan Perkembangan Fisik
Perkembangan motorik ialah perkembangan pengendalian gerakan fisik. Keterampilan motorik ini yaitu keterampilan motorik berangasan serta halus. Keterampilan motorik anak yang masih berusia 4-5 tahun biasanya banyak mengalami perkembangan kalau dibandingkan dengan motorik kasar. Kemudian, sehabis usia 5 tahun barulah terjadi perkembangan motorik halus. Di usia 4 tahun, belum dewasa sendiri masih menyukai gerakan- gerakan sederhana menyerupai melompat, berjingkrak-jingkrak atau berlari ke sana kemari. Pada usia 5 tahun, belum dewasa biasanya lebih berani mengambil resiko dan lebih percaya diri untuk melaksanakan ketangkasan menyerupai memanjat suatu obyek, berlari kencang dan lain sebagainya.
2. Aspek Perkembangan Bahasa
Hart dan Risley menuturkan bahwa anak berusia 2 tahun memproduksi rata-rata dari 338 ucapan yang sanggup dimengerti dalam setiap jam, cakupannya jauh lebih luas ialah antara rentangan 42 hingga 672. 2 tahun lebih renta belum dewasa sanggup memakai kata-kata di jam yang berbeda, dengan rentangan 18 untuk 286. Membaca dan menulis ialah bab dari mempelajari bahasa.
Ciri Fisik dan Perkembangan Anak Taman Kanak-kanak atau Prasekolah
Berikut ini diuraikan bagaimana ciri fisik dan perkembangan anak Taman Kanak-kanak dan atau Prasekolah, menyerupai diketahui bahwa anak Taman Kanak-kanak atau prasekolah ini mempunyai ciri-ciri bahwa mereka sedang mengalami proses perkembangan. Apa sajakah ciri-ciri tersebut?
- Anak prasekolah biasanya aktif alasannya ialah mereka sudah mempunyai kontrol terhadap tubuhnya dan sangat menyukai aktivitas yang dilakukannya sendiri
- Debgab aktifnya seorang anak, kadang mereka lupa kalau mereka memerlukan istirahan yang cukup. Untuk kasus ini, orangtualah yang perlu mengatur waktu mereka.
- Otot-otot besar pada anak prasekolah jauh lebih berkembang dari kontrol terhadap motorik halus menyerupai pada jari dan tangan. Oleh alasannya ialah itu mereka masih belum terampil, contohnya mengikat tali sepatu.
- Walaupun badan anak lentur, namun tengkorak kepala yang menjadi pelindung otaknya masih lunak
- Biasanya belum dewasa prasekolah suka menggendong tas bergambar dan biasanya mereka kali membuktikan apa yang mereka punya kepada teman-teman mereka.
- Anak sudah lebih bahagia berkompertisi dengan anak lainnya dalam hal kekuatan fisik, contohnya sabung lari cepat.
Demikian aspek dan ciri fisik perkembangan anak Taman Kanak-kanak (Taman Kanak-kanak) Semoga bermanfaat, terimakasih.
Sumber: Disarikan dari banyak sekali sumber!!
dari: http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/. terimakasih atas kunjungannya.
Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/
0 Response to "Aspek-Aspek Dan Ciri Fisik Perkembangan Anak Tk (Taman Kanak-Kanak)"
Posting Komentar