Panduan Lengkap Dan Jitu Budidaya Ikan Mas

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

PANDUAN LENGKAP DAN JITU BUDIDAYA IKAN MAS

definisi ikan mas
Ikan mas, tentu nama yang tidak begitu asing. Ikan tawar bersisik ini merupakan ikan yang banyak digemari alasannya yakni dagingnya yang empuk dan lembut juga rasanya yang nikmat dengan dibuat beraneka olahan masakan.
Ikan ini sangat terkenal dieramodern ini, banyak orang yang pribadi terjun untuk mendirikan perjuangan budidaya ikan ini, selain gampang dibudidayakan ikan ini mempunyai harga pasaran yang relatif setabil dan tinggi. Dewasa ini, perjuangan budidaya ikan mas terbagi dalam dua segmen, yakni perjuangan pembenihan dan pembesaran. Usaha pembenihan menghasilkan bibit ikan untuk dibesarkan lebih lanjut. Pemeran pasar perjuangan pembenihan yakni petani ikan yang menekuni perjuangan pembesaran. Sedangkan perjuangan pembesaran menghasilkan ikan ukuran konsumsi, pangsa pasarnya konsumen akhir.
Dalam hal ini kami akan menguraikan Panduan Lengkap Dan Jitu Budidaya Ikan Mas sebagai berikut:
 
1.PEMBUATAN KOLAM
Seperti pada budidaya ikan lainya pembangunan bak yang dipakai yakni dinding beton dan dasar pada kolamnya yakni tanah dengan ukuran 10 mx 5 mx 1,5 m. akan tetapi untuk ukuran sanggup juga berfariasi tergantung lahan yang kita miliki lalu bak di lakukan pengeringan yang berfungsi untuk menghilangkan hama dan basil / mikro organisme yang terkandung dalam bak ikan budidaya. 
 Kolam harus dipastikan besar lengan berkuasa dan mempunyai sistem out dan input air yang cantik biar kualitas air sekaku terjaga sehingga ikan tidak mengalami kesetresan. Desain bak tidak harus berbentuk segi empat, sanggup juga dibuat oval ataupu bulat. 
setelah bak terbentuk, tahap selanjutnya jangan pribadi diisi air, melainkan didiamkan hingga beberapa hari gar dasar bak kering. Ini bertujuan biar semua penyakit yang nantinya akan mengganggu peryumbuhan atau menyebabkan maut pada ikan mas hilang.

 Jika dalam proses pengeringan, tiba-tiba hujan maka sanggup dengan menambahkan pupuk Urea dan kapur. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan kandunga asam pada air dan untuk membunuh mikro organisme patogen. jenis kapur yang dipakai yakni kapur dolomit, dengan ukuran secukupnya.

2. PENGISIAN AIR
Pengisian air pada bak sanggup dilakukan dengan bertahap, dengan pengisian awal setinggi 30-50 cm. Hal ini bertujuan biar masakan alami bagi ikan sanggup tumbuh dengan maksimal. Air bak sanggup ditambah secara sedikit demi sedikit menyesuaikan kebutuhan ikan, alasannya yakni semakin besar ukuran bak maka semakin besar pula volume air yang dibutuhkan.  sehabis bak diisi, biarkan air bak 7-10 hari biar masakan alami ikan tumbuh dan kandungan asam terlarut setabil.

3. PENEBARAN BIBIT
sebelum melaksanakan penebaran bibit pada kolam, maka langkah yang harus diambil adal dengan menentukan bibit yang berkualitas.
bibit berkualitas mempunyai ciri-ciri 
a. ikan terlihat bernafsu dan aktif
b. warna ikan terlihat lebih mengkilat
c. ukuran ikan seragam
jika memungkinkan timbang bibit ikan mas, dan pilih berat yang seragam,dengan berat rata-rata 100 gram per ekor, dengan ukuran demikian maka benih mempunyai daya tahan terjangkit penyakitnya lebih besar.
 
Sebelum bibit ditebar, siapkan dulu baskom untuk menaruh bibit yang telah diisi air kolam, masukan bibit kebejana dan biarkan 3-5 menit, hal ini bertujuan biar benih sanggup menyesuaikan dengan keadaan lingkungan yang baru. sehabis 3-5 menit tebarkan benik kekilam secara perlahan.

4. PEMBERIAN PAKAN
Pakan  mempunyai perana yang penting dalam budidaya ikan mas ini, alasannya yakni semakin cantik pakan yang diberikan maka t]pertumbuhan ikan mas juga semakin cepat, rata-rata pakan yang dijual ditoko-toko sudah banyak yang memenuhi kebutuhan ikan. Tetapi untuk menghemat modal maka kita harus memperlihatkan pakan alternati lainya. santunan pakan menyesuaikan ukuran ikan dengan nomor pakan yang berbeda. ikan biasanya diberi pakan 3 kali dalam sehari, yakni pagi,siang dan sore.

5. PEMELIHARAAN AIR
Pemeliharaan air pada bak tanah tidak begitu ditekankan sedemikian rupa, apalagi bak yang mempunyai sirkulasi output dan input air yang bagus. Penambahan air sanggup dilakukan dengan penambahan secara bersiklus dengan melihat volume air, jikalau air berkurang alasannya yakni penguapan maka perlu kiranya bak ditambah kedalam tinggi semula.

6. PANEN
Panen tentu hal yang sangat mudah, alasannya yakni panen proses ahir dari siklus budidaya. panen dilakukan bila ikan mas suda memenuhi setandar konsumsi pasaran, tergantung seruan pasar seberapa besar ikan yang diminta.

7. SETELAH PANEN
Jika pemanenan telah dilakukan, hal yang harus kita lakukan yakni menguras bak dam mengeringkanya. sehabis kering dasar bak harus dibajak dan dilakukan pengapuran lagi. hal ini dilakukan sipaya bibit penyakit sisa panen hilang, dan supaya mikro organisme sebagai pakan alami ikan sanggup tumbuh kembali.
demikian Panduan Lengkap Dan Jitu Budidaya Ikan Mas dari kami
semoga bermanfaat
terimakasih


lihat juga:


Sumber http://satuilmusejutaumat.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Panduan Lengkap Dan Jitu Budidaya Ikan Mas"

Posting Komentar