Cara Mengatasi Anak Bayi Susah Makan

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Cara Mengatasi Anak Bayi Susah Makan. Tidak sedikit anak bayi yang memang sangat sulit sekali untuk makan. Hal ini tentu saja akan sangat menciptakan ibunda khawatir terhadap kesehatan bayinya. Padahal kuliner sangat penting untuk perkembangan otak dan pertumbuhan bayi di masa balita. Mungkin sudah banyak cara yang dilakukan oleh ibu biar anak bayi kesayangan mau makan dengan lahap. Berbagai tips juga mungkin sudah coba dilakukan untuk menciptakan kuliner disukai anak balitanya. Tetapi jangan hingga salah dalam hal memberi makan bayi, alasannya ialah kesalahan tersebut bisa menciptakan anak tidak mau makan dan itu tentunya akan menjadi tidak baik untuk kesehatan anak balita ibu. Berikut ini ialah beberapa cara dan tips untuk mengatasi anak bayi yang susah makan.

Coba perhatikan, kuliner apa yang paling disukai anak atau bayi Anda dan buatlah variasi sajian yang menarik dan tentu saja tanpa mengabaikan kebutuhan akan kandungan gizinya. Jika ada jenis kuliner yang tidak ia sukai, tunda saja pemberiannya dalam beberapa hari, kemudian berikan lagi padanya. Perlu diingat bahwa anak biasanya sangat menyukai sesuatu yang terlihat lucu dan menarik. Karena itu, buatlah kuliner yang bisa menarik perhatiannya. Misalnya, menaburi roti dengan meses yang berwarna-warni atau buatlah camilan cantik dengan bentuk hewan atau buah-buahan. Namun jangan menyajikan kuliner pada anak atau balita dengan sajian yang itu itu saja. Ini tentu saja bisa menciptakan anak menjadi bosan, walaupun tadinya ia sangat menyukai kuliner itu. Sekali-kali beri anak kesempatan untuk menentukan kuliner yang ia inginkan, walau kuliner yang anak pilih mungkin tidak terlalu bergizi. Dukung anak Anda menyantap kuliner yang dipilihnya lantaran nanti Anda bisa menciptakan variasinya dengan perhiasan gizi yang cukup.

Cara Mengatasi Anak Bayi Susah Makan
     Tidak sedikit anak bayi yang memang sangat sulit sekali untuk makan Cara Mengatasi Anak Bayi Susah Makan
  • Jangan lupa untuk memperhatikan jadwal makannya. Buatlah jadwal makan terbaik dan sesuai dengan kondisi bayi, kemudian upayakan untuk terus mematuhinya. Dengan demikian, bayi akan mengenal rasa lapar ketika waktu makannya datang dan proses pemberian makan pada bayi akan menjadi lebih mudah.
  • Siapkan air putih yang matang. Bisa di simpan dalam mangkuk kecil untuk disendoki nantinya, di dalam gelas atau bisa juga cangkir untuk diberikan pribadi kepada bayi. Penggunaan gelas biasa akan lebih membantu bayi untuk melatih keterampilan minumnya daripada menunjukkan air dalam gelas bermoncong.
  • Ciptakan suasana makan yang cukup menyenangkan dan relaks untuk bayi. Misalnya, dengan memutar lagu-lagu bernada lembut. Lebih baik lagi bila sirkulasi udara di kawasan bayi makan berjalan dengan baik sehingga ia tidak merasa gerah. Anda juga bisa menciptakan suasana makan di dalam rumah dengan senyaman dan sesantai mungkin. Bebas dari suara-suara yang bising. Atau ajak anak untuk makan di kawasan yang paling disukainya. Lalu biarkan saja anak Anda menghabiskan makanannya sesuai dengan keinginannya lantaran setiap anak punya selera makan sendiri. Apabila anak atau bayi sudah merasa kenyang, ia akan berhenti sendiri. Tidak usah kita menyampaikan ‘Habiskan semua makananmu’ atau ‘Ayo tambah lagi makannya’. Kata-kata menyerupai itu akan menjadi beban bagi anak atau balita. Kenikmatan makannya akan hilang dengan adanya kalimat paksaan untuk menambah makanannya.
  • Jangan pernah memaksa bayi untuk menghabiskan semua makanannya. Lebih baik Anda mengikuti ritme makan bayi, supaya ia bahagia dan dengan sendirinya akan menciptakan proses pemberian makan menjadi lebih mudah.
  • Banyak hal bisa mempengaruhi ketenangan anak ketika makan. Seperti televisi, walau anak Anda tidak memperhatikannya, namun bisa menciptakan bingung. Selera makannya bisa saja hilang atau mungkin berkurang. Intinya, pada ketika anak Anda makan, usahakan biar pandangan anak jangan hingga terpaku dan fokus pada satu hal saja. Untuk mendukung kondisi yang tenang, biarkan saja ia makan bersama boneka ataupun mainan yang menjadi kesayangannya, dengan catatan anak Anda tetap mau makan. Boneka dan mainan kesayangannya hanya untuk membuatnya membisu ketika ia makan. 
  • Jangan lupa untuk memperhatikan jadwal makannya. Buatlah jadwal makan terbaik dan sesuai dengan kondisi bayi, kemudian upayakan untuk terus mematuhinya. Dengan demikian, bayi akan mengenal rasa lapar ketika waktu makannya datang dan proses pemberian makan pada bayi akan menjadi lebih mudah. 
  • Berkaitan dengan jadwal makan diatas kita juga sebagai orang bau tanah sering melaksanakan kesalahan dengan memaksa anak untuk segera makan. Kita sering menyediakan kuliner untuk anak atau bayi sempurna waktu. Padahal, pada ketika itu mungkin anak atau bayi belum mau makan. Saat sarapan pagi misalnya, kita sering pribadi memberi kuliner setelah anak final mandi. Padahal, sebagian anak atau bayi perlu waktu untuk sekedar membangkitkan selera makannya. Cobalah untuk mengenali waktu lapar anak dengan memberinya sedikit kuliner ringan terlebih dahulu. Jika ketika itu anak makan dalam jumlah yang cukup besar, berarti ia benar-benar merasa lapar. Lakukan hal menyerupai itu selama beberapa hari untuk menguji apakah itu merupakan kebiasaannya atau bukan. Jangan hingga kita samakan waktu makan anak dengan waktu makan orang dewasa.
  • Tambah semangat makannya dengan menempatkan kuliner bayi dalam sebuah piranti memiliki bentuk yang menarik perhatian bayi dengan gambar lucu. Pilih alat makan yang dirancang khusus untuk bayi biar kondusif dan tidak melukai verbal bayi. 
  • Kebanyakan anak dan balita biasanya makan dengan ritme yang lambat. Kita kadang dibuatnya kesal dan tidak sabar. Kita juga kadang menganggap kita anak malas dan makannya hanya main-main saja. Sebetulnya, walaupun lambat asalkan makanannya habis merupakan hal yang baik untuk anak. Apalagi ketika ia mulai mau berguru makan sendiri. Biarkan saja kalau makanannya awut-awutan atau berserakan di mana- mana. Hargailah bahwa itu ialah cara seorang anak atau balita ketika makan. Jadi, berikan ia waktu biar anak Anda bisa menuntaskan makannya.
  • Karena kita harus memikirkan segala kemungkinan menyerupai merasa anak bosan terhadap suatu makanan. Berarti kita juga harus mempersiapkan sajian Mainan Untuk Bayi Cerdas. Lengkapi semua kebutuhan Bayi Anda, temukan semuanya di berniaga.com! kuliner lain sebagai cadangan. Selain menghindari kejenuhan dan kebosanan, kuliner cadangan membantu memberi kesempatan pada anak Anda untuk mencoba sesuatu yang baru. Pilihan kuliner menyerupai ini harus memiliki kualitas gizi yang kurang lebih sama. Menu kuliner anak juga memang seharusnya divariasikan. Kebanyakan para ibu biasanya menyajikan buahbuahan ataupun sayur-sayuran hanya yang itu itu saja sesuai dengan selera mereka. Ingat, jangan sekali-kali Anda beranggapan bahwa anak atau balita menyukai kuliner yang Anda suka. Dan juga jangan hingga beranggapan bahwa kuliner yang Anda tidak suka, anak juga tidak menyukainya. 
  • Beri kesempatan pada bayi untuk mengambil sendiri makanannya dan biarkan ia mencoba memasukkan sendiri ke dalam mulutnya. Eksplorasi ini akan bisa mengoptimalkan keterampilannya dalam makan. Jika badan dan bajunya jadi kotor dan berantakan, tak perlu ngomel.
  • Dudukkan bayi di atas high chair (kursi makan khusus untuk bayi) apabila bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa bantuan. Pastikan ia biar kondusif dan nyaman duduk di atas kursinya. 
  • Ajak bayi atau anak Anda makan di meja makan bersama dengan anggota keluarga yang lain. Ini biar ia melihat bahwa makan merupakan program yang menggembirakan, tidak membosankan dan melatihnya untuk bersosialisasi dengan orang lain. 
  • Hampir dalam semua hal, anak atau balita selalu memperhatikan tingkah laris orang tuanya. Orang bau tanah menjadi teladannya. Demikian juga dalam hal makan. Dia niscaya berusaha mengikuti cara orang tuanya makan.
  • Kemudian biar anak Anda mau mencoba kuliner yang sudah disajikan, mintalah ia melihat kita ketika makan. Katakan pada anak bahwa camilan cantik ini atau kuliner ini yummy sekali atau katakan saja bahwa Mama paling suka kuliner ini. Tunjukkan pada anak betapa antusias kita melahap makanan. Itulah tips dan cara mengatasi anak bayi susah makan untuk para orang tua.
Itulah tips kali ini mengenai bagaimana cara mengatasi anak bayi yang susah makan. Semoga tips ini bisa membantu para orang tua, terutama ibu yang mungkin sedang mencari tips dan cara supaya anak bayi tersayang mau makan dengan lahap. Mudah-mudahan trik dan tips ini bisa membantu. Baca juga tips Cara Memberikan Asi untuk Kesehatan Bayi.

Sumber http://tipscaramendidikanak.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Cara Mengatasi Anak Bayi Susah Makan"

Posting Komentar