5 Cara Jago Mendidik Anak Dalam Islam

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280


5 CARA HEBAT MENDIDIK ANAK  DALAM ISLAM

Seperti yang kita ketahui anak yakni anugrah yang diberikan Tuhan SWT, dan semua orang renta pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang soleh dan soleha,  namun mendidik anak bukan suatu masalah yang gampang alasannya yakni bila orang renta salah dalam mendidik anaknya, bukan mustahil orang tuanya akan ikut terjerumus kedalam api neraka.

Banyak CARA HEBAT MENDIDIK ANAK DALAM ISLAM yang sanggup diterapkan oleh para orang tua, namun pertama kali yang harus diingat yakni bahwa orang renta merupakan pola bagi anak-anaknya. Maka cara mendidik anak dimulai dari orang renta dengan kata lain orang renta harus menjadi suritauladan yang baik bagi sang anak.

 
Bekali bawah umur dengan dasar aqidah yang tangguh

Bagaimanakah CARA HEBAT MENDIDIK ANAK DALAM ISLAM, semoga menjadi anak yang soleh dan soleha dikala mereka tumbuh remaja nanti?
Berikut ini kami akan paparkan 5 CARA HEBAT MENDIDIK ANAK DALAM ISLAM yang sanggup diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


1. MENANAMKAN TAUHID DAN AQIDAH YANG BENAR KEPADA ANAK SERTA MENGENALKAN APA ITU ISLAM KEPADA ANAK SEJAK DINI

Yang dimaksud tauhid adallah mempercayai bahwa Tuhan itu Esa sedangkan aqidah yakni kepercayaan yang teguh dan pasti tidak ada keraguan sedikitpun untuk menyakini bahwa Tuhan itu Esa.
Namun dalam pelaksanaanya mungkin akan terasa sulit untuk anak dalam mencerna apa itu tauhid dan apa itu aqidah mengingat usia mereka masih kecil, maka hendaknya orang renta mulai mengenalkan agama islam dengan memperlihatkan contoh-contoh ceritaan, ibarat membacakan kisah-kisah nabi, ceritakan kisah islam yang dikemas khusus untuk anak sehingga akan lebih gampang mencerna islam dengan cara yang sesuai dengan pola pikir mereka. Dengan begitu anak akan dengan sendirinya menyukai agama islam yang telah diajarkan oleh kedua orang tuanya.

Dlam hal ini Rosullullah SAW juga telah memperlihatkan pola penanaman aqidah yang kokoh dikala mengajari anak paman ia yaitu Abdulloh bin Abbas ra dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam At tirmizi dengan sanatnya Hasan, Ibnu Abbas bercerita “pada suatu hari saya pernah berboncdengan dibelakang nabi diatas kendaraan ia berkata kepadaku “wahai anak, saya akan mengajari engkau beberapa kalimat, jagalah Tuhan pasti Tuhan akan menjagamu, jagalah Tuhan pasti engkau akan dapati Tuhan dihadapanmu, kalau engkau memohon, mohonlah kepada Allah, kalau engkau meminta tolong, minta tolonglah kepada Allah, ketahuilah kalau seluruh umat jin, insan berkumpul untuk memperlihatkan satu pemberian yang bermanfaatkepadamu tidak akan bermanfaat hal itu bagimu kecuali itu telah ditetapkan Tuhan akan bermanfaat bagimu; ketahuilah kalaupun seluruh umat jin dan insan berkumpul untuk mencelakakan kamu, tidak akan bisa mencelakaan sedikititpun kecuali itu telah ditetapkan Tuhan akan hingga dan mencelakakanmu.”

pena telah diangkat dan telah kering lembaran-lembaranya maka perkara-perkara yang diajarkan Rosullullah SAW itulah yang perlu ditanamkan dan diajarkan oleh orang renta kepada bawah umur semenjak dini.

2. MENGAJARKAN ANAK UNTUK MELAKSANAKAN IBADAH SESUAI DENGAN TUTUNAN YANG BENAR

Selain mengenalkan islam dan mengajarkan pendidikan tauhid serta aqidah, hendaknya orang renta juga mengajarkan pendidikan anak-anaknya semenjak kecil dengan mengajarkan beribadah dengan benar sesuai dengan tuntunan Rosullullah SAW. Mulai dari tata cara bersuci, solat, puasa serta bermacam-macam ibadah lainya dan membiasakan anak untuk berbadah semenjak dini sanggup dilakukan dengan cara mengajak bawah umur solat berjama’ah bersama kedua orang renta di rumah atau mengajak anak untuk solat berjama’ah di masjid.

Dalam hal ini Rosullullah SAW bersabda “ajarilah bawah umur kalian untuk solat dikala mereka berusia tujuh tahun dan pukulah mereka dikala mereka berusia sepuluh tahun (bila tidak mau solat)” (sahih shahihil jami’ karya Al-Albani)

Selain itu orang renta hendaknya melatih anak untuk membaca Al-qur’an dan membiasakan membacanya setiap hari, hal itu tentu harus dimulai dari orang renta terlebih dahulu orang renta harus membiasakan diri untuk mengaji dirumah, sehabis itu melibatkan sang anak untuk turut serta membaca Al-qur’an, apabila sang anak belum bisa membaca maka tak ada salahnya kalau mengajarka anak ilmu tajwid dari awal atau kalau orang renta tidak mempu mengajarkan anak alasannya yakni kesibukan dalam pekerjaanya sanggup juga mendatangkan guru nagaji kerumah, alasannya yakni dengan melatih anak mengaji semenjak dini maka anak bisa mengenal Al-qur’an semenjak dini pula, dan ini akan berdapak konkret bagi perkembangan abjad sang anak kelak dikala mereka beranjak dewasa.

3. MENDIDIK ANAK DENGAN BERBAGAI ADAB DAN AKHLAK YANG MULIA

Didiklah anak dengan bebagai budpekerti dan budpekerti yang mulia, alasannya yakni sebagai orang renta yang merupakan panutan bagi anak-anaknya kita diwajibkan mengajari anak dengan banyak sekali macam budpekerti yang islami dan sesuai sunah Rosullullah SAW, ibarat makan dengan memakai tangan kanan, mengucapkan basmalah sebelum makan, menjaga kebersiahan, mengucapkan salam dan sebagainya.
Begitu pula dengan akhlak, tanamkan kepada anak mengenai akhlak-akhlak yang mulia seperti: bersikap dan berkata jujur, berbakti kepada kedua orang tua, dermawan, menghormati yang lebih renta dan sayang kepada yang lebih muda serta budpekerti baik-baik lainya. 

4. MELARANG ANAK DARI BERBAGAI PERBUATAN YANG DIHARAMKAN

Sedini mungkin anak juga perlu diperingatkan dari banyak sekali macam perbuatan yang tidak baik dan diharamkan, seperti: berjudi, minum khamer, mencuri, mengambil hak orang lain, berbuat zolim kepada orang lain, durhaka kepada orang renta dan segenap perbuatan halal lainya.

5. MEMBIASAKAN ANAK DENGAN PAKAIAN YANG SYAR’I

Hendaknya semenjak dini anak dibiasakan menggnakan pakaian yang syar’i sesuai dengan jenis kelaminnya, sebagai orang renta muslim ajarkan kepada anak pria untuk memakai pakaian laki-laki, untuk bawah umur wanita biasakanlah untuk memakai kerudung atau epilog kepala sedini mungkin sehingga dikala remaja mereka akan gampang memakai jilbab yang syar’i.
Kemudian jauhkan bawah umur dari pakaian-pakaian barat yang tidak syar’i bahkan ketat dan tidak menutup aurat. Tentang hal ini Rosullullah SAW bersabda yang artinya: “barang siapa yang menggandakan sebuah kaum, maka dia termasuk mereka.” (HR. Abu Daud)

Demikianlah 5 CARA HEBAT MENDIDIK ANAK DALAM ISLAM, mendidik anak sesuai dengan anutan islam memeng merupakan salah satu kewajiban orang tua, dan yang perlu kita ingat bahwa setiap perkataan orang renta merupakan doa bagi anak-anaknya entah itu perkataan yang baik atau yang buruk, maka hendaknya kita sebagai orang renta hendaknya jangan mendoakan bawah umur kita dengan doa yang buruk, orang renta juga merupaan guru utama bagi anak-anaknya, maka dikala seorang anak berbuat salah jangan pernah menyalahkannya, justru malah sebaiknya sebagai orang renta kita mengintrofeksi diri atas semua yang telah kita ajarkan.

Sumber http://satuilmusejutaumat.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "5 Cara Jago Mendidik Anak Dalam Islam"

Posting Komentar