10 Gangguan Setan Saat Solat

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280


 10 GANGGUAN SETAN KETIKA SOLAT

GANGGUAN SETAN KETIKA SOLAT ini merupakan sebuah fakta bawasannya setan akan senantiasa mengganggu dan menyesatkan insan baik sedang solat maupun sedang mengerjakan ibadah yang lain. Sebagaimana firman Yang Mahakuasa yang artinya:

“karena engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar (menghalangi-halangi) mereka dari jalan engkau yang lurus, kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur(taat).”(QS. Al-a’raf:16-17)

Seperti itulah kesepakatan setan atau iblis mencari cara untuk selalu menyesatkan manusia, dan jangan dikira setan menarik hati insan hanya alasannya yakni urusan duniawinya saja, alasannya yakni ternyata setan kerap sekali menarik hati atau mengganggu insan yang sedang beribadah kepada Yang Mahakuasa SWT.
Saat beribadah setan masih sanggup masuk merusak amal ibadah tersebut, setan melakukanya dari awal sebelum  ibadah dimulai dan dilanjutkan ketika ibadah sedang berlangsung atau sesudah ibadah itu ditunaikan. Contohnya ketika kita solat setan senantiasa kerap menciptakan kita kehilangan konsentrasi biar pikiran kita tidak pokus dan menjadi tidak khusuk.
Gangguan setan ketika solat menyerupai apakah yang menciptakan ibadah kita tidak khusu dan selalu was-was.

10 gangguan setan ketika solat.
1. Was-was ketika membaca takbirotul-ihram
Ketika kita melaksanakan solat dan membaca takbirotul-ihram “Allohuakbar” adakala kita merasa ragu apakah takbir yang kita lakukan itu sah atau belum sah, sehingga kita mengulanginya lagi dengan membaca takbir. Perasaan itu akan terus muncul dan perasaan itu akan terus muncul kadang-kadang hingga imam hampir ruku. Maka dalam hal ini Ibnu Khoyim berkata bahwa yang termasuk budi kancil setan yang banyak mengganggu yakni was-was dalam bersuci atau berwudhu dan niat atau takbirotul-ihram dalam solat sehingga perasaan was-was itu akan menciptakan kita tersiksa.

2. Hadirnya pikiran yang memalingkan fokus
Abu Hurairah berkata: “Rosullullah SAW bersabda yang artinya: “Apabila dikumandangkan azan solat, setan akan berlari seraya terkentut-kentut hingga beliau tidak mendengar bunyi azan. Ketika muazin selesai azan, ia kembali lagi dan kalau iqomat dikumandangkan beliau berlari. Ketika selesai iqomat ia kembali lagi. Ia akan selalu bersama orang yang solat seraya berkata kepadanya; ‘ingatlah yang tadiny tidak kau ingat...” (HR. Bukhari)

3. Tidak fokus ketika membaca bacaan dalam solat
Setan kerap sekali menciptakan kita tidak fokus dengan bacaan solat yang kita baca. Usman bia Abil Ash tiba kepada Rosullullah dan megatakan: “Wahai Rosullullah, bersama-sama setan hadir dalam solatku dan menciptakan bacaan solatku salah” kemudian Rosullullah SAW menjawab: “itulah setan yang disebut dengan jin” kemudian Rosullullah SAW bersabda: “Ketika kau mencicipi kehadiranya, ludahlah kekiri tiga kali dan berlindunglah kepada Allah. Aku pun melaksanakan hal itu dan Yang Mahakuasa SWT menghilangkan ganguan itu dariku” (HR. Muslim)

4. Lupa jumlah rakaat solat yang dikerjakan
Setan menciptakan kita lupa berapa jumlah yang sudah kita kerjakan. Abu Hurairah ra berkata: bahwa Rosullullah SAW bersabda: “Jika dari seorang dari kalian solat, setan akan tiba kepadanya untuk menarik hati hingga mereka tidak tahu berapa rakaat yang dikerjakan. Apabila seorang dari kalian mengalami hal itu, hendaklah ia sujud dua kali (sujud sahwi) dikala ia masih duduk dan sebelum salam, sesudah itu gres mengucapkan salam.” (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Melakukan perbuatan yang tidak perlu
Setan juga akan mengganggu kita dikala solat menciptakan gerakan yang tidak perlu, menyerupai jaman dahulu. Dikisahkan pada jaman dahulu ada seorang sahabat yang bermain batu ketika sedang tasahut, kemudian ia membolak balikannya. Melihat hal itu Ibnu Umar segera menegurnya selepas solat soraya berkata: “Jangan bermain batu ketika solat alasannya yakni perbuatan itu berasal dari setan, tapi kerjakanlah apa yang dikerjakan Rosullullah” orang itu kemudian bertanya: “apa yang dilakukan rosullullah?” “kemudian Ibnu Umar meletakkan tangan kanannya diatas paha kanannya dengan jari telunjuk yang mengarah kearah kiblat atau daerah sujud, demikianlah yang sala lihat yang dilakukan Rosullullah SAW” kata Ibnu Umar yang diriwayatkan dalam hadis Tirmidzi.

6. Melihat kekiri atau kekanan ketika solat
Sadar atau tidak ketika seseorang melihat kekiri atau kekanan padahal ia masih dalam melaksanakan solat, itu yakni akhir dari godaan setan. Karena itu sesudah takbirotil-ihram pusatkan pandangan kita pada satu titik yaitu daerah sujud sehingga kita menjadi fokus dan perhatian kita tidak dicuri setan.
Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Aisah ra ia berkata bahwa: “Saya bertanya kepada Rosull aturan melihat ketika solat?” Rosullullah menjawab: “itu yakni curian setan pada solat seorang hamba.” Diriwayatkan dalam hadis Bukhari.

7. Menguap dan mengantuk ketika solat
Setan mengganggu dengan menciptakan kita menguap dan mengantuk ketika solat. Rosullullah SAW bersabda: “Menguap ketika solat itu dari setan. Karena itu ketika kau ingin menguap, tahanlah.” (HR. Thabrani)
Dan dalam riwayat lain Rosullullah SAW bersabda: “Adapun menguap itu datangnya dari setan, hendaklah seseorang mencegahnya (menahanya) selagi sanggup ketika ia berkata ‘Haa..a’ berarti setan tertawa dalam mulutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

8. Bersin berulangkali ketika solat
Bersin berulang kali ketika solat juga merupakan gangguan setan, setan ingin me ngganggu kehusuan solat dengan menciptakan kita bersin, menyerupai yang dikatakan Abdullah bin Mas’ud dalam hadis Riwayat Thabrani bahwa “menguap dan bersin itu datangnya dari setan” kemudian Ibnu Mas’ud berkata: “Bersin yang tidak disenangi Yang Mahakuasa yakni bersin ketika solat tetapi bersin diluar solat itu tetap disenangi Yang Mahakuasa hal itu tidak lain bahwa setan memang mengganggu solat seseorang dengan banyak sekali cara.

9. Terasa ingin buang angin atau bauang air
Setan juga terus mengganggu seseoranf yang sedang solat dengan menciptakan seseorang tersebut merasa ingin buang angin atau buang air. Rosullullah SAW bersabda: “Apabila seseorang dari kalian khawatir apa yang dirasakan diperutnya apakah keluar sesuatu darinya atau tidak, janganlah sekali-kali ia keluar dari masjid hingga ia yakin mendengar bunyi (keluarnya angin) atau mencium baunya.” (HR. Muslim)

10. Terburu-buru menuntaskan solat
Setan akan mengganggu seseorang ketika solat dengan menciptakan seseorang terburu-buru menelesaikan solatnya, dalam hal ini Ibnu Qoyim brkata bahwa bersama-sama terburu-buru itu tiba dari setan alasannya yakni tegesah-gesah yakni sifat gegabah yang menghalangi seseorang untuk berhati-hati, hening dan santun. Dan hal ini pernah terjadi pada jaman Rosullullah, ada seseorang yang melaksanakan solatnyua dengan tergesa-gesa alhasil Rosullullah SAW memintanya untuk mengulanginya alasannya yakni solat yang ia kerjakan belum sah. Kemudian Rosull bersabda kepadanya: “Apabila kau solat, bertakbirlah (Takbirotul-ihram). Lalu bacalah dari Al-qur’an yang gampang bagimu, kemudian ruku’lah hingga kau benar-benar ruku’ (tuma’ninah) kemudian bangkitlah dari ruku’ hingga kau tegak berdiri. Kemudian sujudlah hingga benar-benar sujud(tuma’ninah) dan lakukanlah hal itu dalam setiap rakaat solatmu.”(HR. Bukhari dan Muslim)

Seperti itulah 10 gangguan setan ketika solat semua itu terjadi alasannya yakni lemahnya ilmu dan iman kita, maka teruslah berguru dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan solat dan menyadari dikala kita solat itulah dikala berhadapan eksklusif dengan Yang Mahakuasa SWT. Demikianlah yang sanggup kami paparkan, semoga bermanfaat. amin

Sumber http://satuilmusejutaumat.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "10 Gangguan Setan Saat Solat"

Posting Komentar