ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Landasan Filosofis Pendidikan Anak Usia dini (PAUD) sanggup dilihat dalam pandangan beberapa andal berikut ini :
1. Pandangan Pestalozzi (1746 - 1827)
2. Pandangan Maria Montessori (1870 - 1952)
3. Pandangan Froebel (1782 - 1852)
4. Pandangan J.J Rousseau (1712 - 1778)
5. Pandangan Jean Piaget (1896 - 1980) dan Lev S Vigotsky (1896 - 1934)
6. Pandangan Ki Hadjar Dewantara (1889 - 1959)
Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/1. Pandangan Pestalozzi (1746 - 1827)
2. Pandangan Maria Montessori (1870 - 1952)
3. Pandangan Froebel (1782 - 1852)
4. Pandangan J.J Rousseau (1712 - 1778)
5. Pandangan Jean Piaget (1896 - 1980) dan Lev S Vigotsky (1896 - 1934)
6. Pandangan Ki Hadjar Dewantara (1889 - 1959)
4. Pandangan J.J. Rousseau
Jean Jacques Rousseau yang hidup antara tahun 1712 hingga dengan tahun 1778, dilahrikan di Geneva, Swiss, tetapi sebagian besar waktunya dihabiskan di Perancis.
Gambar: riomarvillages.com |
Rousseau menyarankan konsep "kembali ke alam" dan pendekatan yang bersifat alamiah dalam pendidikan anak. Bagi Rousseau pendekatan alamiah berarti anak akan berkembang secara optimal,tanpa hambatan.
Menurutnya pula bahwa pendidikan yang bersifat alamiah menghasilkan dan memacu berkembangnya kualitas semacam kebahagiaan, spontanitas dna rasa ingin tahu. Rousseau percaya bahwa walaupun kita telah melaksanakan kontrol terhadap pendidikan yang diperoleh dari pengalaman sosial dan melalui indera, tetapi kita tetap tidak sanggup mengontrol pertumbuhan yang bersifat alami.
Untuk mengetahui kebutuhan anak, guru harus mempelajari ilmu yang berkaitan dengan anak-anak. Tujuannya yakni semoga guru sanggup memperlihatkan pelajaran yang sesuai dengan minat anak. Makara yang menjadi titik pangkal yakni anak. Tujuan pendidikan berdasarkan gagasan Rousseau yakni membentuk anak menjadi insan yang bebas.
Rousseau mempunyai keyakinan bahwa seorang ibu sanggup menjamin pendidikan anaknya secara alamiah. Ia berprinsip bahwa dalam mendidik anak, orang renta perlu memberi kebebasan pada anak semoga mereka sanggup berkembang secara alamiah.
LANDASAN FILOSOFIS PAUD LENGKAP BAGIAN 5 >>
Bag 5
Sumber: Buku Seri Bahan Ajar Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Dirjen PAUD Nonformal dan Informal, Direktorat Pembinaan PTK PAUD Nonformal dan Informal, Depdikbud. 2013.
0 Response to "Inilah Landasan Filosofis Paud Lengkap Bab 4"
Posting Komentar