Dampak Sinetron Bagi Perkembangan Anak

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Kita patut besar hati bahwa pertelivisian Indonesia remaja ini telah berkembang pesat, dengan ditandai sudah banyaknya stasiun – stasiun televisi swasta yang saling berlomba menyuguhkan tayangan – tayangan untuk pemirsanya. Tayangan – tayangan yang mereka suguhkan telah menunjukkan informasi – informasi yang tajam, akurat, dan objektif, televisi juga telah membantu anggota masyarakat dalam memahami banyak sekali dilema positif di banyak sekali bidang.

 Namun, sepertinya televisi kini ini lebih banyak mempertonotonkan dongeng dalam bentuk sinetron. Yang dimana dikala ini sinetron sedang menjadi animo pertelevisian Indonesia dibandingkan program – program yang lebih positif lainnya. Zaman 90-an dahulu, program anak masih kita sering temui di televisi, tetapi sekarang, anak-anak di belum dewasa ibarat terintimidasi oleh tayangan – tayangan dewasa.

Cerita yang biasanya di angkat di dalam sinetron tersebut yaitu dongeng – dongeng kehidupan remaja yang hidup dalam kemewah – mewahan dan kehidupan rumah tangga yang begitu kompleks yang seharusnya itu tidak layak untuk di tonton oleh anak – anak. Memang benar disini dibutuhkan pengawasan bagi orang renta untuk mengawasi anak – anaknya menentukan program televisi yang baik, tetapi untuk beberapa orang renta membiarkan anak-anaknya menonton televisi selama berjam – jam, dengan perkiraan bahwa mereka terhibur dengan program yang disuguhkan, tanpa memperhatikan mamfaat dan pengaruhnya terhadap perkembangan jiwa dan mental anak – anaknya.

Dampak sinetron bagi anak yaitu :
1.    Kekerasan terhadap anak
2.    Penelantaran keluarga
3.    Keserakahan
4.    Gaya hidup seenak nya

Dampak bagi anak yang gemar menonton sinetron yaitu sering mengucapkan kata – kata yang ada pada sinetron, serta anak menggandakan sikap tokoh dalam sinetron pada dikala di luar rumah bermain bersama temannya. Waktu berguru anak semakin sedikit alasannya anak ingin cepat menonton sinetron. Cerita sinetron yang sering kita lihat, banyak mengandung unsure kekerasan, serta unsur pornografi sehingga menciptakan sikap anak berubah dan mengikuti artis idola di sinetron tersebut. Banyak program sinetron yang beralur dongeng kurang baik, ibarat kata kata kasar, mode pakaian yang tidak sopan, serta kisah percintaan yang berlebihan. 

Bahaya lain yang menciptakan sinetron Indonesia banyak di hujat oleh banyak orang yaitu alasannya dapat membawa efek negatif yang akan membentuk masyarakat jadi konsumtif dan hedonisme dikarenakan melihat kehidupan yang ada disinetron sedemikian wah dan serba glamour.

Sumber http://tipsparenting2016.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Dampak Sinetron Bagi Perkembangan Anak"

Posting Komentar