Cara Mengajarkan Anak Berpuasa

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Cara Mengajarkan Anak Berpuasa. Berpuasa atau shaum merupakan hal yang wajib yang harus dibiasakan oleh anak semenjak kecil, supaya terbiasa sesudah ia menginjak usia dewasa. di bulan Ramadhan wajib hukumnya bagi setiap muslim yang sudah baligh dan berakal sehat. Sedangkan untuk anak yang belum baligh atau pintar balig cukup akal tidak wajib untuk berpuasa.

Namun sebagai orangtua kita tentu ingin mempunai anak shalih dan taat. Hal itu tidak lepas dari tugas orangtua dalam membimbing anak biar senantiasa berlatih menjalankan banyak sekali kewajiban agama, salah satunya yaitu mengajarkan anak berpuasa.

Memang ada banyak cara untuk mengajarkan anak berpuasa Ramadhan, tapi yang terbaik tentu saja dengan memberi pola cara berpuasa yang benar pada anak. Disamping itu ada beberapa tips yang akan saya uraikan biar Anda sebagai orang renta sanggup membimbing anak berpuasa.


Berikut ini yaitu cara mengajarkan anak untuk berpuasa di bulan Ramadhan:

     Berpuasa  atau shaum merupakan hal yang wajib yang harus dibiasakan oleh anak semenjak kecil Cara Mengajarkan Anak Berpuasa
  • Untuk mengajarkan anak puasa Ramadhan, cobalah untuk menjelaskan wacana makna dan pesan yang tersirat puasa dan bulan Ramadhan. Berikan anak pengetahuan wacana apa dan bagaimana itu puasa dan juga ibadah-ibadah lainnya di bulan ramadhan ini dengan memakai bahasa anak tentunya dan dengan menyenangkan. Misalnya dengan cara bercerita, sudah banyak buku-buku anak wacana dongeng atau dogeng yang berisi wacana makna bulan suci Ramadhan di toko-toko buku.
  • Jelaskan pada anak wacana manfaat puasa bukan hanya dari segi Agama tapi juga menurut kesehatan dengan bahasa yang gampang mereka fahami biar semakin tertarik.
  • Dorong dan beri motivasi anak untuk berpuasa sesuai dengan usia mereka. Anda bisa menjanjikan hadiah bagi belum dewasa bila mereka berpuasa, bisa berupa uang saku tambahan, mainan ataupun jalan-jalan bersama orang renta ke daerah favoritnya biar anak antusias dan semangat untuk berpuasa.
  • Bagi belum dewasa yang masih berusia 5-6 tahun dan belum besar lengan berkuasa menahan lapar bisa diajarkan puasa dengan berbuka pada setiap adzan. Dari shubuh hingga zhuhur berpuasa, ketika adzan zhuhur biarkan mereka berbuka, kemudian berpuasa lagi hingga ashar tiba, kemudian berbuka dan dilanjutkan lagi hingga maghrib. Berikan mereka kebanggaan ketika berhasil dalam berguru berpuasa dan jangan paksakan ketika mereka tidak kuat.
  • Ajaklah belum dewasa Anda untuk sahur bersama dengan anggota keluarga yang lain. dengan demikian diperlukan anak sanggup membiasakan diri untuk sanggup menyesuaikan diri dan memahami waktu sahur dan untuk mempersiapkan energinya biar anak besar lengan berkuasa untuk berpuasa di siang hari.
  • Buatlah hidangan makan sahur sesuai dengan favorit anak Anda biar anak mau makan sahur. Namun jangan lupakan kandungan kandungan gizinya serta karbohidrat dan juga nutrisi yang dibutuhkan anak. Ini untuk merangsang anak biar mau makan sahur.
  • Buatlah suasana sahur yang menyenangkan untuk anak Anda, alasannya waktu sahur bagi sebagian anak terasa berat oleh kantuk. Sebagai orangtua Anda niscaya tahu cara menciptakan anak ceria dan senang.
  • Berikan anak masakan yang mengandung lemak alasannya berfungsi membantu mengurangi rasa lapar dan masakan yang banyak mengandung serat biar sanggup memperlancar buang air besar.
  • Berikan anak Anda minuman yang mengandung gula yang cukup menyerupai teh manis, susu, ataupun jus buah. Karena gula itu gampang larut dan diserap oleh badan sehingga sanggup cepat dipakai menjadi sumber energi.
  • Sebaiknya Anda tidak menunjukkan vitamin penambah nafsu makan pada Anak di waktu sahur alasannya itu bisa menciptakan anak Anda jadi merasa cepat lapar.
  • Saat berbuka puasa berikanlah anak masakan atau minuman yang cantik terlebih dahulu, selain sunnah, ini juga bermanfaat bagi kesehatan lambung dan berfungsi menekan nafsu makan biar tidak berlebih ketika makan masakan pokok ketika berbuka.
  • Sesekali ajaklah belum dewasa Anda pergi untuk berbuka puasa bersama di Masjid atau buka bersama teman-teman sebayanya, untuk lebih meningkatkan kemampuan bersosialisasinya dan biar mencicipi keberkahan puasa. Ramadhan serta hangatnya kebersamaan dengan sesama kaum muslimin.
  • Ajarkan anak Anda untuk berdo’a ketika akan makan sahur maupun waktu berbuka puasa
  • Ajaklah anak Anda untuk berguru melakukan shalat Tarawih sehingga mereka menjadi terbiasa dan mengetahui wacana hal itu semenjak usia dini. bila mereka merasa lelah, biarkan saja anak Anda duduk atau berbaring.
  • Tekankan pada anak untuk mengurangi aktivitasnya yang akan menciptakan mereka cepat lelah, kalau bisa ganti dengan kegiatan lain yang tidak kalah bermanfaat.
  • Tanamkan pada anak, bahwa sebagai muslim harus selalu menghormati setiap orang yang sedang menjalankan ibadah puasa. Sehingga bila anak yang belum besar lengan berkuasa untuk berpuasa penuh di siang hari dan sudah berbuka dihentikan makan dihadapan orang lain yang masih berpuasa.
  • Ajak dan berilah anak pola untuk memperbanyak amal kebajikan di bulan suci Ramadhan menyerupai tadarus Al-Quran, banyak bershadaqah, memberi makan pada fakir miskin dan lain-lain.

Itulah beberapa cara mengajarkan anak untuk berpuasa di bulan Ramadhan, biar anak terbiasa untuk berpuasa semenjak kecil. Semoga arikel ini bermanfaat dan bisa membantu.

Sumber http://tipscaramendidikanak.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Cara Mengajarkan Anak Berpuasa"

Posting Komentar