13 Gunung Tertinggi Di Indonesia

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

DEFINISI GUNUNG TERTINGGI DI INDONESIA


Indonesia yakni negara dengan sejuta pulau. Pulau-pulau indonesia menyimpan banyak keindahan alam didalamnya, gunung merupakan salah satu bentuk keindahan alam yang dimiliki Indonesia dan gunung-gunung yang menjadi paforit bagi para pencinta alam untuk dijadikan tempat menyalurkan hoby dan kesenangan.
 unsur pembentuk GUNUNG
Gunung sejatinya terbentuk alasannya banyak faktor, salah satunya yakni pergeseran lempengan bumi. Gunung berupa gundukan tanah yang menonjol keatas diwilayah sekitarnya, Gunung yakni bab dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari akhlak lokal.
Gunung terdapat di beberapa pulau indonesia, gunung mempunyai ketinggian rata-rata 2000 meter dari permukaan air laut, berikut ini kami uraikan 13 gunung tertinggi di Indonesia
Gunung Puncak Jaya
,Gunung Puncak Mandala,Gunung Puncak Trikora,Gunung Naga pilimsit,Gunung Kerinci,Gunung Rinjani,Gunung Semeru,Gunung Sanggar,Gunung Rantemario,Gunung Selamet,Gunung Leuser,Gunung Agung,
Bukit Raya atau Gunung Raya.

13 GUNUNG TERTINGGI DI INDONESIA

1. GUNUNG PUNCAK JAYA
Gunung Puncak Jaya
Papua
Puncak Jaya yakni salah satu gunung yang masuk kedalam tujuh gunung dengan puncak tertinggi (summits seven). Gunung ini mempunyai ketinggian kurang lebih 4884 meter dari permukaan air lau. Gunung puncak jaya ini berada dipulau Papua provinsi Papua, gunung ini mempunyai nama lain Cartensz Pyramid. Gunung ini ditaklukan pertama kali oleh Anton Colijn, Jean Jacques Dozy dan Frits Wissel pada tahu 1936.





2. GUNUNG PUNCAK MANDALA

Gunung Mandala
Papua
Gunung puncak Mandala yakni gunung yang bertetanggaan dengan gunung Puncak Jaya, alasannya gunung ini terletak dipulau yang sama yakni pulau Papua. Gunung ini juga mempunyai ketinggian yang hampir sama dengan gunung Puncak Jaya, ketinggian mencapai 4769 meter dari permukaan air laut. Tetapi gunung puncak mandala ini tidak termasuk tujuh puncak tertinggi di dunia (summits seven). Gunung ini ditaklukan pertama kali oleh Herman Verstappen, Arthur Escher, Max Tissing, Jan de Wijn dan Piet ter Laa pada tahun 1959.




3. HUNUNG PUNCAK TRIKORA
Gunung Trikora
Papua
Papua sanggup dibilang wilayah puncak, alasannya bterdapat banya gunung dengan puncak tinggi di pulau Papua. Tidak hanya kedua gunung diatas, gunung Puncak Trikora juga terletak di pulau Papua, Provinsi Papua. Nama lain dari gunung Puncak Trikora ini yakni Wilhelmina Peak  yang dugunakan sampai tahun 1963. Gunung ini mempunyai ketinggian sampai 4750 meter diattas permukaan air maritim dan ditaklukan pertama kali oleh Franssen Herderschee, Hubrecht and Versteeg pada tahun 1913.







4. GUNUNG NAGA PALIMSIT
Gunung Naga Pilimsit
Papua
Masih dipulau Papua, Naga Pilimsit yakni gunung dengan ketinggian 4717 meter dari permukaan air maritim di provinsi Papua. Gunung Pilimsit ini pernah diberi nama oleh kolonial Belanda dengan sebutan Mount Idenberg. Gunung ini pertama kalli ditaklukan oleh Heinrich Harrer and Philip Temple  pada tahun 1962.







5.GUNUNG KERINCI
Gunung Kerinci
Jambi
Gunung Kerinci yakni salah satu gunung tertinggi di Indonesia, gunung ini mempunyai ketinggian kurang lebih 3805 meter dari permukaan air laut. Gunung ini berada di pulau Sumatra dan lebih tepatnya di provinsi Jambi. Sebutan dari gunung ini yakni Peak of Indrapura/Indrapoera dan pertama kali ditaklukan oleh Arend Ludolf van Hasselt en Daniël David Veth pada tahun 1817. Gunung ini termasuk gunung berapi yang masih aktif, gunung ini menyandang predikat dengan gunung api tertinggi di Indonesia.





6. GUNUNG RINJANI
Gunung Rinjani
Nusa Tenggara Barat
Gunung Rinjani termasuk gunung yang banyak digemari oleh para pendaki. Gunung ini mempunyai keindahan alam yang luar biasa. Gunung ini berada di pulau Lombokn Provinsi Nusa Tenggara Barat(NTB). Gunung dengan ketinggian 3726 meter dari permukaan air maritim ini masih menyandang sebagai gunung yang masih aktif/berapi. Gunung ini mempunyai banyak keindahan dan salah satunya yakni danau Segara Anak seluas 11.000.000 m persegi dengan kedalaman 230 m. Air yang mengalir dari danau ini membentuk teladas yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam. Di Segara Anak di gunung Rinjani banyak terdapat ikan mas dan mujair sehingga sering dipakai untuk memancing.



7. GUNUNG SEMERU
Gunung Semeru
Jawa Timur
gunung Sumeru yakni masuk dalam  13 gunung tertinggi di indonesia dan juga salah satu gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya berjulukan Mahameru, mempunyai ketinggian 3.676 mdpl. Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. Pada tahun 1913 dan 1946 Kawah Jonggring Saloka mempunyai kubah dengan ketinggian 3.744,8 M sampai selesai November 1973. Disebelah selatan, kubah ini mendobrak tepi kawah menjadikan fatwa lava mengarah ke sisi selatan mencakup daerah Pronojiwo dan Candipuro di Lumajang. Posisi gunung ini terletak di antara wilayah manajemen Kabupaten Malang dan Lumajang, dengan posisi geografis antara 8°06' LS dan 120°55' BT.

Gunung Semeru termasuk kedalam tempat Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Taman Nasional ini terdiri dari pegunungan dan lembah seluas 50.273,3 Hektar. Terdapat beberapa gunung di dalam Kaldera Gn.Tengger antara lain; Gn.Bromo (2.392m) Gn. Batok (2.470m) Gn.Kursi (2,581m) Gn.Watangan (2.662m) Gn.Widodaren (2.650m). Terdapat empat buah danau (ranu): Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Kumbolo dan Ranu Darungan. Flora yang berada di wilayah Gunung Semeru beraneka ragam jenisnya tetapi banyak didominir oleh pohon cemara, akasia, pinus, dan jenis Jamuju. Sedangkan untuk flora bawah didominir oleh Kirinyuh, alang-alang, tembelekan, harendong dan Edelwiss putih, Edelwiss yang banyak terdapat di lereng-lereng menuju puncak Semeru. Dan juga ditemukan beberapa jenis anggrek endemik yang hidup di sekitar Semeru Selatan. Banyak fauna yang menghuni gunung Semeru antara lain : macan kumbang, budeng, luwak, kijang, kancil, dll. Sedangkan di Ranu Kumbolo terdapat bebek yang masih hidup liar.




8. GUNUNG SANGGAR

Gunung sanggar termasuk gunung yang bertetanggaan dengan gunung rinjani, alasannya gunung ini terdapat dikepulauan Lombaok di provinsi Nusa Tenggara Barat(NTB). Gunung Sanggar mempunyai ketinggian 3564 dari permukaan laut.





9. GUNUNG RANTEMARIO
Gunung Rantemario
Sulawesi Selatan
gunung Rantemario termasuk gunung tinggi di Indonesia. Gunung ini mempunyai ketinggian kurang lebih 3479 meter dari permukaan air laut. Gunung Rantemario terletak di pulau Sulawesi di provinsi Sulawesi selatan. Gunung rantemario dikenal juga dengan sebutan bulu Rantenmario. Gunung Rantemario merupakan gunung tertinggi di Pulau Sulawesi. Namun, beberapa pihak beropini Gunung Rantemario kalah tinggi dibanding Gunung Rantekombola yang terletak di wilayah pegunungan yang sama.





10. GUNUNG SELAMET
Gunung Selamet
Jawa Tengah
Gunung Selamet yakni gunung berapi yang berada di mulayah jawa tengah, gunung ini mempunyai ketinggian 3428 meter dari permukaan maritim dan menyandang gelar gunung berapi tertinggi di Jawa Tengah dan tertinggi kedua dipulau Jawa sesudah gunung Semeru. Gunung Slamet cukup terkenal sebagai sasaran pendakian meskipun medannya dikenal sulit. Di kaki gunung ini terletak tempat wisata Baturraden yang menjadi andalan Kabupaten Banyumas alasannya hanya berjarak sekitar 15 km dari Purwokerto.





11. GUNUNG LEUSER
Gunung Leuser
Aceh
Gunung Leuser yakni gunung tertinggi di Aceh dengan ketinggian 3.404 mdpl. Gunung Leuser terletak di sebelah tenggara Aceh, erat perbatasan dengan Sumatera Utara. Gunung Leuser terletak di dalam Taman Nasional Gunung Leuser yang mengambil nama gunung ini sebagai namanya. Sedangkan Taman Nasional Gunung Leuser dan area disekitarnya dikenal dengan nama Kawasan Ekosistem Leuser yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.




 


12. GUNUNG AGUNG
Gunung Angung
Bali
Gunung Agung yakni gunung tertinggi di pulau Bali dengan ketinggian 3.142 mdpl. Gunung ini terletak di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem - Bali. Gunung Agung yakni gunung berapi tipe stratovolcano, gunung ini mempunyai kawah yang sangat besar dan sangat dalam yang adakala mengeluarkan asap dan uap air. Dari Pura Besakih gunung ini nampak dengan kerucut runcing sempurna, tetapi sesungguhnya puncak gunung ini memanjang dan berakhir pada kawah yang melingkar dan lebar. Dari puncak gunung Agung kita sanggup melihat puncak Gunung Rinjani yang berada di pulau Lombok di sebelah timur, meskipun kedua gunung tertutup awan alasannya kedua puncak gunung tersebut berada di atas awan, kepulauan Nusa Penida di sebelah selatan beserta pantai-pantainya, termasuk pantai Sanur serta gunung dan danau Batur di sebelah barat laut.



13. GUNUNG BUKIT RAYA ATAU GUNUNG RAYA

Gunung Bukit Raya
Kalimantan Tengah
Bukit Raya atau Gunung Raya yakni sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Gunung ini yakni gunung tertinggi di Kalimantan yang masuk dalam wilayah Indonesia, mempunyai ketinggian 2.278 mdpl. Kawasan sekitar Bukit Raya menjadi cagar alam, dan gotong royong dengan Cagar Alam Bukit Baka di Kalimantan Barat merupakan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya.



demikianlah artikel mengenai 13 gunung tertinggi di indonesia, semoga kita sebagai warga negara Indonesia besar hati alasannya mempunyai tempat tinggal yang kaya akan keindahan alam yang tak ternilai harganya, semoga keindahan dari gunung-gunung yang ada di Indonesia selalu terjaga keindahannya. amin
 

 
 

Sumber http://satuilmusejutaumat.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "13 Gunung Tertinggi Di Indonesia"

Posting Komentar