Kenapa Wanita Lebih Banyak Didominasi Penghuni Neraka?

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Saudariku Muslimah 
Suatu hal yang pasti bahwa nirwana dan neraka yakni dua makhluk yang Tuhan Subhanahu wa Ta’ala ciptakan. Surga diciptakan-Nya sebagai daerah tinggal yang infinit bagi kaum Mukminin dan neraka sebagai daerah tinggal bagi kaum musyrikin dan pelaku dosa yang Tuhan Subhanahu wa Ta’ala telah melarang darinya.

Setiap Muslimin yang mengerti keadaan Surga dan neraka tentunya sangat berharap untuk sanggup menjadi penghuni Surga dan terhindar jauh dari neraka, inilah fitrah.
Pada Kajian kali ini, kami akan membahas ihwal neraka dan penduduknya, yang mana lebih banyak didominasi penduduknya yakni perempuan dikarenakan sebab-sebab yang akan dibahas nanti
Sebelum kita mengenal wanita-wanita penghuni neraka alangkah baiknya jikalau kita menoleh kepada peringatan-peringatan Tuhan Subhanahu wa Ta’ala di dalam Al Qur’an ihwal neraka dan adzab yang tersedia di dalamnya dan perintah untuk menjaga diri daripadanya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :
“Hai orang-orang yang beriman peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang materi bakarnya yakni insan dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Tuhan terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (At Tahrim : 6).

Imam Ath Thabari rahimahullah menyatakan di dalam tafsirnya : “Ajarkanlah kepada keluargamu amalan ketaatan yang sanggup menjaga diri mereka dari neraka.”
Ibnu Abbas radliyallahu ‘anhu juga mengomentari ayat ini : “Beramallah kalian dengan ketaatan kepada Allah, takutlah kalian untuk bermaksiat kepada-Nya dan perintahkan keluarga kalian untuk berdzikir, pasti Tuhan menyelamatkan kalian dari neraka.” Dan masih banyak tafsir para shahabat dan ulama lainnya yang menganjurkan kita untuk menjaga diri dan keluarga dari neraka dengan mengerjakan amalan shalih dan menjauhi maksiat kepada Tuhan Subhanahu wa Ta’ala.

Di dalam surat lainnya Tuhan Subhanahu wa Ta’ala berfirman :“Peliharalah dirimu dari neraka yang materi bakarnya insan dan watu yang disediakan bagi orang-orang kafir.” (Al Baqarah : 24)
Begitu pula dengan ayat-ayat lainnya yang juga menjelaskan keadaan neraka dan perintah untuk menjaga diri daripadanya.

Kedahsyatan dan kengerian neraka juga dinyatakan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam di dalam hadits yang shahih dari Abu Hurairah radliyallahu ‘anhu sebetulnya dia bersabda : “Api kalian yang dinyalakan oleh anak cucu Adam ini hanyalah satu pecahan dari 70 pecahan neraka Jahanam.” (Shahihul Jami’ 6618).

Jikalau api dunia saja sanggup menghanguskan badan kita, bagaimana dengan api neraka yang panasnya 69 kali lipat dibanding panas api dunia? Semoga Tuhan Subhanahu wa Ta’ala menyelamatkan kita dari neraka. Amin.

Wanita Penghuni Neraka

Tentang hal ini, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda :“Aku melihat ke dalam Surga maka saya melihat kebanyakan penduduknya yakni fuqara (orang-orang fakir) dan saya melihat ke dalam neraka maka saya menyaksikan kebanyakan penduduknya yakni wanita.” (HR. Bukhari dan Muslim dari Ibnu Abbas dan Imran serta selain keduanya).

Hadits ini menjelaskan kepada kita apa yang disaksikan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam ihwal penduduk Surga yang mayoritasnya yakni fuqara (para fakir miskin) dan neraka yang lebih banyak didominasi penduduknya yakni wanita. Tetapi hadits ini tidak menjelaskan sebab-sebab yang mengantarkan mereka ke dalam neraka dan menjadi lebih banyak didominasi penduduknya, namun disebutkan dalam hadits lainnya.

Di dalam dongeng gerhana matahari yang Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam dan para shahabatnya melaksanakan shalat gerhana padanya dengan shalat yang panjang , dia Shalallahu ‘alaihi wassalam melihat Surga dan neraka.

Ketika dia melihat neraka dia bersabda kepada para shahabatnya radliyallahu ‘anhum :“ … dan saya melihat neraka maka tidak pernah saya melihat pemandangan menyerupai ini sama sekali, saya melihat kebanyakan penduduknya yakni kaum wanita. Shahabat pun bertanya : “Mengapa (demikian) wahai Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam?” Beliau Shalallahu ‘alaihi wassalam menjawab : “Karena kekufuran mereka.” Kemudian ditanya lagi : “Apakah mereka kufur kepada Allah?” Beliau menjawab : “Mereka kufur terhadap suami-suami mereka, kufur terhadap kebaikan-kebaikannya. Kalaulah engkau berbuat baik kepada salah seorang di antara mereka selama waktu yang panjang kemudian dia melihat sesuatu pada dirimu (yang tidak dia sukai) pasti dia akan berkata : ‘Aku tidak pernah melihat sedikitpun kebaikan pada dirimu.’ ” (HR. Bukhari dari Ibnu Abbas radliyallahu ‘anhuma).

Dalam hadits lainnya, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam menjelaskan ihwal perempuan penduduk neraka, dia bersabda :“ … dan wanita-wanita yang berpakaian tetapi hakikatnya mereka telanjang, melenggak-lenggokkan kepala mereka lantaran sombong dan berpaling dari ketaatan kepada Tuhan dan suaminya, kepala mereka seolah-olah menyerupai punuk onta. Mereka tidak masuk Surga dan tidak mendapatkan wanginya Surga padahal wanginya bisa didapati dari jarak perjalanan sekian dan sekian.” (HR. Muslim dan Ahmad dari Abu Hurairah radliyallahu ‘anhu).

Dari Imran bin Husain dia berkata, Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda : “Sesungguhnya penduduk nirwana yang paling sedikit yakni wanita.” (HR. Muslim dan Ahmad)
Imam Qurthubi rahimahullah mengomentari hadits di atas dengan pernyataannya : “Penyebab sedikitnya kaum perempuan yang masuk Surga yakni hawa nafsu yang mendominasi pada diri mereka, kecondongan mereka kepada kesenangan-kesenangan dunia, dan berpaling dari darul abadi lantaran kurangnya nalar mereka dan mudahnya mereka untuk tertipu dengan kesenangan-kesenangan dunia yang menyebabkan mereka lemah untuk beramal.

Kemudian mereka juga alasannya yang paling berpengaruh untuk memalingkan kaum laki-laki dari darul abadi dikarenakan adanya hawa nafsu dalam diri mereka, kebanyakan dari mereka memalingkan diri-diri mereka dan selain mereka dari akhirat, cepat tertipu jikalau diajak kepada penyelewengan terhadap agama dan sulit mendapatkan jikalau diajak kepada akhirat.” (Jahannam Ahwaluha wa Ahluha halaman 29-30 dan At Tadzkirah halaman 369).

Saudariku Muslimah … .

Jika kita melihat keterangan dan hadits di atas dengan seksama, pasti kita akan dapati beberapa alasannya yang menjerumuskan kaum perempuan ke dalam neraka bahkan menjadi lebih banyak didominasi penduduknya dan yang menyebabkan mereka menjadi golongan minoritas dari penghuni Surga.
Saudariku Muslimah … . Hindarilah sebab-sebab ini biar Tuhan Subhanahu wa Ta’ala menyelamatkan kita dari neraka. Amin.

1. Kufur Terhadap Suami dan Kebaikan-Kebaikannya

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam menjelaskan hal ini pada sabda dia di atas tadi. Kekufuran model ini terlalu banyak kita dapati di tengah keluarga kaum Muslimin, yakni seorang istri yagn mengingkari kebaikan-kebaikan suaminya selama sekian waktu yang panjang hanya dengan perilaku suami yang tidak cocok dengan kehendak sang istri sebagaimana kata pepatah, panas setahun dihapus oleh hujan sehari.

Padahal yang harus dilakukan oleh seorang istri ialah bersyukur terhadap apa yang diberikan suaminya, janganlah ia mengkufuri kebaikan-kebaikan sang suami lantaran Tuhan Subhanahu wa Ta’ala tidak akan melihat istri model begini sebagaimana dijelaskan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam : “Allah tidak akan melihat kepada perempuan yang tidak mensyukuri apa yang ada pada suaminya dan tidak merasa cukup dengannya.” (HR. Nasa’i di dalam Al Kubra dari Abdullah bin ‘Amr. Lihat Al Insyirah fi Adabin Nikah halaman 76).

Hadits di atas yakni peringatan keras bagi para perempuan Mukminah yang menginginkan ridha Tuhan Subhanahu wa Ta’ala dan Surga-Nya. Maka tidak sepantasnya bagi perempuan yang mengharapkan darul abadi untuk mengkufuri kebaikan-kebaikan suaminya dan nikmat-nikmat yang diberikannya atau meminta dan banyak mengadukan hal-hal sepele yang tidak pantas untuk dibesar-besarkan.
Jika demikian keadaannya maka sungguh sangat cocok sekali jikalau perempuan yang kufur terhadap suaminya serta kebaikan-kebaikannya dikatakan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam sebagai lebih banyak didominasi kaum yang masuk ke dalam neraka walaupun mereka tidak kekal di dalamnya.
Cukup kiranya istri-istri Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam dan para shahabiyah sebagai suri tauladan bagi istri-istri kaum Mukminin dalam mensyukuri kebaikan-kebaikan yang diberikan suaminya kepadanya.

2. Durhaka Terhadap Suami

Kedurhakaan yang dilakukan seorang istri terhadap suaminya pada umumnya berupa tiga bentuk kedurhakaan yang sering kita jumpai pada kehidupan masyarakat kaum Muslimin. Tiga bentuk kedurhakaan itu yakni :
1. Durhaka dengan ucapan.
2. Durhaka dengan perbuatan.
3. Durhaka dengan ucapan dan perbuatan.
Bentuk pertama ialah seorang istri yang biasanya berucap dan bersikap baik kepada suaminya serta segera memenuhi panggilannya, tiba-tiba berubah perilaku dengan berbicara bernafsu dan tidak segera memenuhi panggilan suaminya. Atau ia memenuhinya tetapi dengan wajah yang menawarkan rasa tidak bahagia atau lambat mendatangi suaminya. Kedurhakaan menyerupai ini sering dilakukan seorang istri saat ia lupa atau memang sengaja melupakan ancaman-ancaman Tuhan terhadap perilaku ini.
Termasuk bentuk kedurhakaan ini ialah apabila seorang istri membicarakan perbuatan suami yang tidak ia sukai kepada teman-teman atau keluarganya tanpa alasannya yang diperbolehkan syar’i. Atau ia menuduh suaminya dengan tuduhan-tuduhan dengan maksud untuk menjelekkannya dan merusak kehormatannya sehingga nama suaminya buruk di mata orang lain. Bentuk serupa yakni apabila seorang istri meminta di thalaq atau di khulu’ (dicerai) tanpa alasannya syar’i. Atau ia mengaku-aku telah dianiaya atau didhalimi suaminya atau yang semisal dengan itu.
Permintaan cerai biasanya diawali dengan pertengkaran antara suami dan istri lantaran ketidakpuasan sang istri terhadap kebaikan dan perjuangan sang suami. Atau yang lebih menyedihkan lagi bila hal itu dilakukannya lantaran suaminya berusaha mengamalkan syari’at-syari’at Tuhan Subhanahu wa Ta’ala dan sunnah-sunnah Rasul-Nya Shalallahu ‘alaihi wassalam. Sungguh buruk apa yang dilakukan istri menyerupai ini terhadap suaminya. Ingatlah sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam :“Wanita mana saja yang meminta cerai pada suaminya tanpa alasannya (yang syar’i, pent.) maka haram baginya anyir Surga.” (HR. Abu Daud dan At Tirmidzi serta selain keduanya. Lihat Al Insyirah fi Adabin Nikah halaman 85).

Bentuk kedurhakaan kedua yang dilakukan para istri terjadi dalam hal perbuatan yaitu saat seorang istri tidak mau melayani kebutuhan seksual suaminya atau bermuka masam saat melayaninya atau menghindari suami saat hendak disentuh dan dicium atau menutup pintu saat suami hendak mendatanginya dan yang semisal dengan itu.

Termasuk dari bentuk ini ialah apabila seorang istri keluar rumah tanpa izin suaminya walaupun hanya untuk mengunjungi kedua orang tuanya. Yang demikian seolah-olah seorang istri lari dari rumah suaminya tanpa alasannya syar’i. Demikian pula jikalau sang istri enggan untuk bersafar (melakukan perjalanan) bersama suaminya, mengkhianati suami dan hartanya, membuka dan menampakkan apa yang seharusnya ditutupi dari anggota tubuhnya, berjalan di daerah umum dan pasar-pasar tanpa mahram, bersenda gurau atau berbicara lemah-lembut penuh mesra kepada lelaki yang bukan mahramnya dan yang semisal dengan itu.

Bentuk lain yakni apabila seorang istri tidak mau berdandan atau mempercantik diri untuk suaminya padahal suaminya menginginkan hal itu, melaksanakan puasa sunnah tanpa izin suaminya, meninggalkan hak-hak Tuhan menyerupai shalat, mandi janabat, atau puasa Ramadlan.
Maka setiap istri yang melaksanakan perbuatan-perbuatan menyerupai tersebut yakni istri yang durhaka terhadap suami dan bermaksiat kepada Tuhan Subhanahu wa Ta’ala.

Jika kedua bentuk kedurhakaan ini dilakukan sekaligus oleh seorang istri maka ia dikatakan sebagai istri yang durhaka dengan ucapan dan perbuatannya. (Dinukil dari kitab An Nusyuz karya Dr. Shaleh bin Ghanim As Sadlan halaman 23-25 dengan beberapa tambahan)
Sungguh merugi perempuan yang melaksanakan kedurhakaan ini. Mereka lebih menentukan jalan ke neraka daripada jalan ke Surga lantaran memang biasanya perempuan yang melaksanakan kedurhakaan-kedurhakaan ini termakan oleh angan-angan dan kesenangan dunia yang menipu.

Ketahuilah wahai saudariku Muslimah, jalan menuju Surga tidaklah dihiasi dengan bunga-bunga nan indah, melainkan dipenuhi dengan rintangan-rintangan yang berat untuk dilalui oleh insan kecuali orang-orang yang diberi ketegaran iktikad oleh Allah. Tetapi ingatlah di ujung jalan ini ada Surga yang Tuhan sediakan untuk hamba-hamba-Nya yang sabar menempuhnya.
Ketahuilah pula bahwa jalan menuju neraka memang indah, penuh dengan syahwat dan kesenangan dunia yang setiap insan tertarik untuk menjalaninya. Tetapi ingat dan sadarlah bahwa neraka menanti orang-orang yang menjalani jalan ini dan tidak mau berpaling darinya semasa ia hidup di dunia.
Hanya perempuan yang bijaksanalah yang mau bertaubat kepada Tuhan dan meminta maaf kepada suaminya dari kedurhakaan-kedurhakaan yang pernah ia lakukan. Ia akan kembali berusaha menyayangi suaminya dan sabar dalam mentaati perintahnya. Ia mengerti nasib di darul abadi dan bukan kesengsaraan di dunia yang ia takuti dan tangisi.

3. Tabarruj

Yang dimaksud dengan tabarruj ialah seorang perempuan yang menampakkan perhiasannya dan keindahan tubuhnya serta apa-apa yang seharusnya wajib untuk ditutupi dari hal-hal yang sanggup menarik syahwat lelaki. (Jilbab Al Mar’atil Muslimah halaman 120)
Hal ini kita dapati pada sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam ihwal wanita-wanita yang berpakaian tapi hakikatnya telanjang dikarenakan minimnya pakaian mereka dan tipisnya materi kain yang dipakainya. Yang demikian ini sesuai dengan komentar Ibnul ‘Abdil Barr rahimahullah saat menjelaskan sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam tersebut.

Ibnul ‘Abdil Barr menyatakan : “Wanita-wanita yang dimaksudkan Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam yakni yang menggunakan pakaian yang tipis yang membentuk tubuhnya dan tidak menutupinya, maka mereka yakni wanita-wanita yang berpakaian pada dhahirnya dan telanjang pada hakikatnya … .” (Dinukil oleh Suyuthi di dalam Tanwirul Hawalik 3/103 ).

Mereka yakni wanita-wanita yang hobi menampakkan suplemen mereka, padahal Tuhan Subhanahu wa Ta’ala telah melarang hal ini dalam firman-Nya : “Dan janganlah mereka menampakkan perhiasan-perhiasan mereka.” (An Nur : 31).

Imam Adz Dzahabi rahimahullah menyatakan di dalam kitab Al Kabair halaman 131 : “Termasuk dari perbuatan-perbuatan yang menyebabkan mereka dilaknat ialah menampakkan hiasan emas dan permata yang ada di dalam niqab (tutup muka/kerudung) mereka, menggunakan minyak anyir dengan misik dan yang semisalnya jikalau mereka keluar rumah … .”

Dengan perbuatan menyerupai ini berarti mereka secara tidak pribadi menyeret kaum laki-laki ke dalam neraka, lantaran pada diri kaum perempuan terdapat daya tarik syahwat yang sangat berpengaruh yang sanggup menggoyahkan keimanan yang kokoh sekalipun. Terlebih bagi iktikad yang lemah yang tidak dibentengi dengan ilmu Al Qur’an dan As Sunnah. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam sendiri menyatakan di dalam hadits yang shahih bahwa fitnah yang paling besar yang paling ditakutkan atas kaum laki-laki yakni fitnahnya wanita.

Sejarah sudah berbicara bahwa betapa banyak tokoh-tokoh legendaris dunia yang tidak beriman kepada Tuhan Subhanahu wa Ta’ala hancur karirnya hanya disebabkan bujuk rayu wanita.
Dan berapa banyak persaudaraan di antara kaum Mukminin terputus hanya dikarenakan wanita. Berapa banyak seorang anak tega dan menelantarkan ibunya demi mencari cinta seorang wanita, dan masih banyak lagi kasus lainnya yang sanggup menunjukan bahwa perempuan model mereka ini memang pantas untuk tidak mendapatkan wanginya Surga.

Hanya dengan ucapan dan rayuan seorang perempuan bisa menjerumuskan kaum laki-laki ke dalam lembah dosa dan hina terlebih lagi jikalau mereka bersolek dan menampakkan di hadapan kaum pria. Tidak mengherankan lagi jikalau di sana-sini terjadi pelecehan terhadap kaum wanita, lantaran yang demikian yakni hasil perbuatan mereka sendiri.

Wahai saudariku Muslimah … . Hindarilah tabarruj dan berhiaslah dengan pakaian yang Islamy yang menyelamatkan kalian dari dosa di dunia ini dan adzab di darul abadi kelak.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :“Dan tinggallah kalian di rumah-rumah kalian dan janganlah kalian bertabarruj dengan tabarrujnya orang-orang jahiliyyah pertama dahulu.” (Al Ahzab : 33)
Masih banyak sebab-sebab lainnya yang mengantarkan perempuan menjadi lebih banyak didominasi penduduk neraka. Tetapi kami hanya mencukupkan tiga alasannya ini saja lantaran memang tiga model inilah yang sering kita dapati di dalam kehidupan masyarakat negeri kita ini.

Saudariku Muslimah … .
Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam pernah menuntunkan satu amalan yang sanggup menyelamatkan kaum perempuan dari adzab neraka. Ketika dia selesai khutbah hari raya yang berisikan perintah untuk bertakwa kepada Tuhan Subhanahu wa Ta’ala dan usulan untuk mentaati-Nya. Beliau pun bangun mendatangi kaum wanita, dia menasehati mereka dan mengingatkan mereka ihwal darul abadi kemudian dia bersabda : “Bershadaqahlah kalian! Karena kebanyakan kalian yakni kayu bakarnya Jahanam!” Maka berdirilah seorang perempuan yang duduk di antara wanita-wanita lainnya yang berubah kehitaman kedua pipinya, iapun bertanya : “Mengapa demikian, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab : “Karena kalian banyak mengeluh dan kalian kufur terhadap suami!” (HR. Bukhari).

Bershadaqahlah! Karena shadaqah yakni satu jalan untuk menyelamatkan kalian dari adzab neraka. Semoga Tuhan Subhanahu wa Ta’ala menyelamatkan kita dari adzabnya. Amin.
Wallahu A’lam bish Shawwab.

Sumber http://bagaimana-islam.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Kenapa Wanita Lebih Banyak Didominasi Penghuni Neraka?"

Posting Komentar