Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Bagi bawah umur (yang belum baligh) tidak diperintahkan untuk berpuasa. Namun demikian orang renta sangat dianjurkan untuk mendorong bawah umur untuk mencoba berpuasa semampunya biar mereka terbiasa melakukannya ketika mereka tumbuh dewasa, dan mengetahui bahwa ibadah puasa Ramadhan merupakan salah satu kewajiban yang diperintahkan eksklusif Tuhan SWT melalui firman-Nya :
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kau berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kau biar kau bertakwa,” (Q.S Al Baqarah, 2:183)

Sementara itu, salah satu hadits yang mendukung biar bawah umur diajarkan untuk puasa Ramadhan diantaranya :
“Barangsiapa yang tidak berpuasa di pagi hari, maka hendaklah ia menyempurnakan sisa hari ini dengan berpuasa. Barangsiapa yang berpuasa di pagi harinya, hendaklah ia tetap berpuasa.” Ar Rubayyi’ berkata, “Kami berpuasa sesudah itu. Dan kami mengajak bawah umur kami untuk berpuasa. Kami menyebarkan pada mereka mainan dari bulu. Jika ketika puasa mereka ingin makan, maka kami berikan pada mereka mainan tersebut. Akhirnya mereka terus terhibur sehingga mereka menjalankan puasa sampai waktu berbuka.” (HR. Bukhari no. 1960).

Ada banyak cara untuk mengajarkan bawah umur Anda wacana puasa Ramadhan, namun yang terbaik dan yang terpenting yakni memberi teladan yang baik dengan berpuasa dengan benar dan berperilaku sesuai dengan pedoman Al Qur’an. Bila Anda memenuhi hal ini, Anda sanggup dengan gampang (dan mereka akan gampang pula dalam menerimanya) mengajari mereka apa yang Anda inginkan.
Berikut yakni beberapa tips yang sanggup Anda gunakan bagi bawah umur Anda :
  • Doronglah mereka untuk berpuasa dalam beberapa hari bahkan sampai setiap hari, tergantung pada usia mereka. Bagi bawah umur yang masih berusia 5-6 tahun mungkin berguru puasa setengah hari sudah cukup baik. Jangan lupa, pujilah mereka di depan teman-teman dan keluarga atas kemauan mereka berpuasa.
  • Biarkan bawah umur Anda pergi dengan ayahnya ke Mesjid, untuk berbuka puasa bersama untuk menciptakan mereka mencicipi kebesaran puasa Ramadhan dan kesatuan umat Islam dalam menyembah Allah.
  • Jika anak Anda belum bisa berpuasa sehari penuh, libatkan mereka berbuka bersama keluarga untuk mengajarkan mereka bahwa Anda sedang berbuka puasa, walaupun boleh jadi mereka gres saja makan sebelumnya.
  • Ajarkan bawah umur Anda berdo’a ketika sahur maupun berbuka puasa
  • Ajaklah anak Anda untuk sholat Tarawih sehingga mereka terbiasa dan tahu wacana hal itu semenjak usia dini. Mereka bisa dibiarkan saja duduk atau berbaring ketika mereka merasa lelah.
  • Ajarkan mereka untuk shodaqoh. Melakukannya di depan mereka dan memberitahu mereka bahwa Anda melakukannya sebab shodaqoh dan amal lainnya di bulan Ramadhan lebih besar pahalanya dari hari-hari biasa.
  • Ajarkan mereka untuk bertadarus membaca Al Alquran dan memberitahu mereka bahwa Nabi (shallallahu 'alaihi wa sallam) selalu melaksanakan itu di setiap bulan Ramadhan.
  • Luruskan mereka jikalau mereka berperilaku salah atau mengucapkan kata-kata kurang baik dan mengingatkan mereka bahwa mereka sedang berpuasa, beritahukan mereka bahwa hal itu bisa mengurangi pahala puasa Ramadhan mereka.
  • Bangunkan mereka untuk makan sahur (walaupun jikalau mereka tidak berpuasa) dan shalat Subuh.
  • Ajarkan mereka memberi masakan untuk berbuka bagi orang berpuasa, dan memberitahu mereka pahala melaksanakan hal itu.
  • Saat datang Idul Fitri, bantu mereka mandi, berilah mereka pakaian terbaik, dan ajaklah mereka untuk sholat Idul Fitri. Ajarkan kepada mereka bahwa inilah perayaan pesta kita, umat Islam, yang berbeda dengan perayaan-perayaan lainnya. Khusus bagi anda yang mempunyai anak perempuan, ingatlah sabda Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam : "Orang yang diberi tanggung jawab untuk membesarkan anak wanita dan memperlakukan mereka dengan baik, akan menjadi perisai baginya dari neraka. (H.R Bukhari dan Muslim).

Sumber http://tipsparenting2016.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Tips Mengajarkan Anak Berpuasa"

Posting Komentar