ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
PAUD-Anakbermainbelajar---Penulis teringat masa-masa kecil dahulu, saat bermain bersama teman-teman, kadang saking asiknya bermain, tidak terasa hari sudah menjelang senja. Salah satu permainan pavorit yang sering dimainkan waktu itu ialah permainan "Ular Naga" Bentuk permainan ini berupa bernyanyi dan bergerak sambil berpegangan tangan membantuk gugusan tertentu, bermain ular-ular'an sambil bernyanyi "ular Naga Panjangnya" yang teks lagunya kita kenal berbunyi berikut ini :
"Ular naga Panjangnya bukan kepalang
menjalar-jalar selalu kian kemari
umpan yang enak itulah yang dicari
ini dianya yang terbelakang."
Pada permainan ini, sebagai pusatnya dua orang anak bangkit berhadap-hadapan sambil berpegangan tangan yang diangkat ke atas, kemudian sekelompok anak berbaris saling berpegangan tangan kepundak dengan kedua tangan, berjalan mengikuti irama ke arah bawah membentuk terowongan dari tangan-tangan kedua anak yang berpegangan tangan tadi. Mereka berjalan bergerak dan berputar memutari salah seorang anak yang berpegangan tangan tadi, (Biasanya searah jarum jam) kemudian kembali melewati terowongan yang sama. Begitu seterusnya sambil bernyanyi lagu "Ular Naga" gotong royong hingga pada bab selesai nyanyian yang berbunyi "Ini dianya yang terbelakang", anak kedua dari anak yang membuat terowongan segera menangkap anak yang berada paling belakang dari barisan ular tersebut, dan anak yang tertangkap akan diberikan pertanyaan hingga beliau harus menentukan ikut temannya yang menjadi sentra dikiri atau dikanan..dan seterusnya.
"Ular naga Panjangnya bukan kepalang
menjalar-jalar selalu kian kemari
umpan yang enak itulah yang dicari
ini dianya yang terbelakang."
Pada permainan ini, sebagai pusatnya dua orang anak bangkit berhadap-hadapan sambil berpegangan tangan yang diangkat ke atas, kemudian sekelompok anak berbaris saling berpegangan tangan kepundak dengan kedua tangan, berjalan mengikuti irama ke arah bawah membentuk terowongan dari tangan-tangan kedua anak yang berpegangan tangan tadi. Mereka berjalan bergerak dan berputar memutari salah seorang anak yang berpegangan tangan tadi, (Biasanya searah jarum jam) kemudian kembali melewati terowongan yang sama. Begitu seterusnya sambil bernyanyi lagu "Ular Naga" gotong royong hingga pada bab selesai nyanyian yang berbunyi "Ini dianya yang terbelakang", anak kedua dari anak yang membuat terowongan segera menangkap anak yang berada paling belakang dari barisan ular tersebut, dan anak yang tertangkap akan diberikan pertanyaan hingga beliau harus menentukan ikut temannya yang menjadi sentra dikiri atau dikanan..dan seterusnya.
Bernyanyi dan bermain gotong royong dalam permainan "Ular Naga" ini, akan membuat bawah umur berinteraksi secara masuk akal dan menggembirakan. Pada aktivitas main ini, anak sanggup membuat aspek-aspek penting yang berkhasiat bagi keterampilan dan pendidikan kecakapan hidupnya, menyerupai kerjasama, kolaborasi, tugas-tugas kelompok. Sehingga aspek sosial emosional anak sanggup berkembang melalui pengalaman-pengalaman mainnya yang luar biasa. Dengan permainan ini anak mengalami pengalaman mencar ilmu yang sangat baik, sebagai sebuah pengetahuan dan pengalaman gres wacana dunia yang dihadapinya, sehingga anak sanggup menentukan perilaku yang baik untuk berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Aktivitas ini juga sangat membantu guru dalam menyemangati anak yang mengalami kesulitan untuk berinteraksi. Pengalaman anak bermain dan bernyanyi ular naga ini akan memperlihatkan motivasi dan peningkatan bagi keterampilan bawah umur berinteraksi dan bersosialisasi dengan teman-temannya.
Nah.. bunda, ayo kita main "Ular Naga Panjangnya" Yuk !!
0 Response to "Sosial Emosional Anak Paud Dalam Ular Naga Panjangnya"
Posting Komentar