ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Cara dan teknik pengembangan Tema dalam PAUD
Dalam Pembuatan RKH atau RPP dari contoh kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Di perlukan sebuah pengembangan tema. Banyak pertanyaan dari para Pendidik dan mahasiswa PAUD ihwal Bagaimana bekerjsama pengembangan tema itu?. Pada pada dasarnya Sebuah tema sanggup dikembangkan menjadi sub tema, sub-sub tema, pokok bahasan, dan seterusnya. Jika pertanyaannya seberapa luas sebuah tema dikembangkan? Jawabannya tergantung seberapa luas pendidik sanggup memfasilitasi pengembangan tema untuk member pengalaman gres pada anak. Kemampuan dan ketersedian sumber daya di forum PAUD sendiri perlu juga dijadikan pertimbangan untuk membuatkan tema yang cocok untuk kita gunakan. Nah berikut ini contoh tema dan sub tema yang sanggup dikembangkan di forum PAUD
A. Apa saja yang sanggup dijadikan tema
Lembaga sanggup membuatkan tema sesuai dengan kebutuhan, situasi dan kondisi. Dalam buku panduan guru telah diberikan contoh tema yang mempunyai beberapa sub-sub tema. berikut ini merupakan salah satu contoh yang sanggup dipakai sebagai contoh untuk membuatkan tema, ialah :
1. DIRI SENDIRI
a. Aku
Contoh pokok bahasan sub tema "Aku" ;
Senin: "Mengenal identitas diri" (nama, usia, jenis kelamin, nama ayah, nama ibu,, alamat rumah)
Selasa: "Mengetahui anggota tubuh" (Kepala, tangan, kaki, dll)
Rabu: " Ciri-ciri diriku" (warna kulit, jenis rambut keriting/lurus, hidung mancung/pesek, bentuk tubuh besar/kecil, dll)
Kamis: "Fungsi anggota tubuh" (tangan untuk memegang, kaki untuk berjalan, lisan untu berbicara)
Jumat: "Merawat anggota tubuh" (mencuci tangan, menggosok gigi, mandi dll)
Sabtu: "Praktek merawat anggota tubuh" (menggosok gigi, mencuci tangan, dll)
b. Panca Indra
Contoh pokok bahasan sub tema "Panca Indra";
Senin: "5 panca indra dan fungsinya" (mata, telinga, hidung, kulit, dan lidah. Fungsi; mata untuk melihat, pendengaran untuk mendengar, kulit untuk meraba/merasakan berangasan halus, hidung untuk mencium aroma, pengecap untuk mengecap rasa.
Selasa: "Mata/indra penglihatan" (mengetahui terperinci dan gelap)
Rabu: "Telinga/Indra pendengar" (bersuara/tidak bersuara, bunyi nyaring/suara lembut)
Kamis: "Hidung/indra penciuman" (wangi/bau tidak sedap, dll)
Jumat: "Kulit/indra peraba" ( mencicipi kasar, halus, tajam, panas, dingin)
Sabtu: Lidah/indra perasa" (mengetahui macam-macam rasa ialah manis, asam, asin, pedas, pahit, hambar, rasa strowberry, rasa vanila, rasa coklat, dll)
c. Kesukaanku
Contoh pokok bahasan sub tema "Kesukaanku" ;
Senin: Makanan yang disukai
Selasa: Minuman yang disukai
Rabu: Warna yang disukai
Kamis: Permainan yang disukai
Jumat: Kegiatan yang disukai (memancing, berenang, bersepeda, dll)
Sabtu: Tempat rumah makan atau resto yang disukai.
2. LINGKUNGANKU
a. Lingkungan Keluarga
contoh pokok bahasan sub tema "Keluargaku";
Senin: "Mengenal anggota keluarga" (ayah/ibu, kakak/adik, kakek/nenek, paman/bibi, keponakan)
Selasa: "Mengetahui pekerjaan anggota keluarga" (pekerjaan ayah/ibu)
Rabu: "Tugas anggota keluarga" (ayah bekerja, ibu menjadi ibu rumah tangga membereskan rumah dan mengurus anak)
Kamis: "Tata tertib dalam keluarga" (berpamitan kalau ingin bermain diluar, mengetuk pintu sebelum masuk ruangan, pulang bermain sempurna waktu dll)
Jumat: Binatang peliharaan keluarga di rumah
Sabtu: "Kebiasaan dalam keluarga"Setiap pagi selalu sarapan pagi, sesudah makan mencuci piring, dll)
b. Lingkungan Rumah
contoh pokok bahasan sub tema "Lingkungan Rumah";
Senin: "Kegunaan rumah" (sebagai daerah tinggal, daerah pertolongan dari panas dan hujan)
Selasa: "Jenis rumah" (rumah ibadah; Gereja, masjid, pura, wihara). (Rumah adat; betang, joglo, limasan). (Rumah daerah berobat; rumah sakit, puskesmas, poloklinik, rumah bersalin). (rumah binatang peliharaan; Kandang dll)
Rabu: "Mengetahui alamat rumah sendiri"
Kamis: "Bagian-bagian rumah" (pintu, jendela, atap, ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dapur, kamar mandi/wc, halaman rumah)
Jumat: "Lingkungan rumah" (warung/toko sekitar rumah, tetangga sekitar rumah)
Sabtu: "Halaman rumah" (halaman mempunyai pagar, terdapat bak di halaman, terdapat taman bunga)
c. Lingkungan Sekolah
contoh pokok bahasan sub tema "Lingkungan Sekolah";
Senin: "Fungsi Sekolah/PAUD" (sebagai daerah belajar, sebagai bermain dan melatih bersosialisai, dll)
Selasa: "Bagian-bagian Sekolah" (kantor sekolah, ruang kelas, ruang guru, ruang TU, ruang UKS, ruang bermain, ruang perpustakaan, ruang pusat balok, ruang pusat sains, wc, ruang dapur, gudang sekolah, dll)
Rabu: "Anggota Sekolah" (kepala sekolah, guru, tata usaha, murid, tukang kebun/penjaga kebersihan kalau ada, dll)
Jumat: "Lingkungan sekolah" (misal sekolah berdekatan dengan sekolah lain ibarat SD, SMP, kantor kelurahan, puskesmas, dll)
Sabtu: "Tata tertib sekolah" (belajar, bermain, istirahat makan minum pada jam yang ditentukan, tiba ke sekolah sempurna waktu)
d. Lingkungan Alam
"Kotaku"
"Desaku"
"Gunung"
"Bukit"
"Lingkungan nelayan/pesisir pantai" dll.
e. Lingkungan Sosial
"Tetanggaku"
"Teman bermain"
"Gotong royong bersama"
"Pos hansip" .
3. KEBUTUHANKU
a. "Kebutuhan akan kesehatan" (obat-obatan, rumah sakit, puskesmas, dll)
b. "Kebutuhan akan makanan/minuman" (peralatan memasak; peralatan makan/minum)
c. "Kebutuhan akan kebersihan" (Peralatan kebersihan; sapu, serok, daerah sampah, sikat wc, dll, peralatan mandi; gayung, sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, dll)
d. "Kebutuhan akan keamanan" (polisi, satpam, pos hansip, dll)
e. "Kebutuhan pendidikan" (peralatan belajar; peralatan sekolah; buku, pensil, penghapus, alat bermain)
4. BINATANG
a. Binatang yang hidup di air (ikan lele, ikan mas, dll)
b. Binatang yang hidup di bahari (lumba-lumba, cumi-cumi, dll)
c. Binatang yang hidup di udara (burung pipit, kekelawar, dll)
d. Binatang yang bertelor (ayam, itik)
e. Binatang yang beranak(kucing, anjing)
f. Binatang omnivora, herbivora, karnivora.
g. Binatang peliharaan (kucing, anjing, dll)
h. Binatang buas (macan, singa, buaya, dll)
i. binatang ternak (sapi, kambing, ayam, domba, bebel, dll)
5. TANAMAN
a. Buah-buahan
b. Sayur-sayuran
c. Tanaman hias
d. Tanaman apotik hidup/bisa dijadikan obat
6. REKREASI
a. Bercerita ihwal daerah berlibur atau berekreasi (bukit tangkiling, ujung pandaran, dll)
7. PEKERJAAN
a. Pekerjaan ayah/ibu, pekerjaan kakek/nenek
b. macam-macam pekerjaan (dokter, perawat, guru, polisi, petani, peternak dll)
8. AIR / UDARA / API
a. Manfaat air
b. Manfaat udara
c. Manfaat api
d. Bahaya air
e. Bahaya udara terkontaminasi (jika menghirup gas beracun, menghirup polusi udara)
f. Bahaya api
9. ALAT KOMUNIKASI
a. telepon, pos surat, dll
10. ALAT TRANSPORTASI
a. Kendaraan roda dua
b. Kendaraan roda tiga
d. Kendaraan roda empat
11. TANAH AIRKU
a. Lambang negara
b. Bendera negara
c. Lagu kebangsaan
d. Pahlawan nasional
e. Lagu nasional
12. ALAM SEMESTA
a. Matahari, bulan, bintang, bumi (manfaat matahari bagi insan dll)
b. Gejala alam (terjadinya banjir, gunung meletus, gempa bumi, tanah longsor)
c. Terjadinya siang dan malam
d. Terjadinya pelangi.
13. BUDAYA
a. Pakaianku (pakaian budbahasa dayak, pakaian budbahasa batak, pakaian budbahasa jawa, dll)
b. Makanan (masakan khas indonesia, kuliner khas negara lain, dll)
c. Tari-tarian (tarian khas dayak, tarian khas bali, tarian khas jawa)
d. Permainan tradisional (permainan tradisional khas kalimantan, tarian tradisional khas jawa, dll)
e. Sopan santun.
14. HARI BESAR AGAMA
a. Natal
b. Idul Fitri
c. Idul Adha
d. Nyepi
e. Waisak, dll
secara ringkas tema-tema tersebut dikembangkan menurut tema-tema pokok berikut ini;
Atau ringkasan berikut ini;
Berdasarkan pembahasan, uraian dan contoh-contoh di atas, sanggup kita lihat bahwa sebuah tema seharusnya memang menjadi tema-tema yang lebih khusus. ternyata aneka macam hal yang bisa dijadikan tema untuk dikembangkan dalam aktivitas pembelajaran PAUD.
B. Keluasan Tema
Sebuah tema sanggup dikembangkan menjadi sub tema yang bermacam-macam tergantung bagaimana pendidik bisa membuatkan tema untuk menunjukkan pengalaman berguru pada anak. Pendidik bebas memilih pokok bahasan pada setiap tema seluas-luasnya.
C. Berapa usang waktu yang dibutuhkan
Tema bisa dilaksanakan sesuai kebutuhan anak. artinya sebuah tema bisa dilaksanakan dalam waktu usang atau singkat. ada kalanya suatu tema membutuhkan waktu 2 ahad atau bahkan lebih. Seperti halnya tema dan sub tema di atas, tema lingkunganku tidak harus dilaksanakan dalam 4 ahad tergandung bagaimana pendidik membuatkan sub tema dari tema tersebut. Jika tema lingkungan tersebut dikembangkan akan menghasilkan sub tema yang bermacam-macam ibarat lingkungan sosial, lingkungan alam, dan lain sebagainya.
Demikian semoga bermanfaat. Terimakasih
0 Response to "Pengembangan Tema Dan Sub Tema Pada Kurikulum Paud"
Posting Komentar