Menegur Abang Yang Berangasan Pada Adik

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

hati dengan teguran menyerupai itu kepada anak Menegur Kakak yang Kasar Pada Adik

“Lagi-lagi kau bikin adikmu menangis. Kenapa kau selalu berangasan kepada adikmu? Adikmu, kan, masih kecil!”
 
Hati-hati dengan teguran menyerupai itu kepada anak, Ma! Meski Anda memang harus menegur, jangan berikan teguran yang berisi cap negatif kepada anak. Cap sebagai ‘penyebab adik menangis’ atau ‘kasar’ akan menciptakan anak alhasil suka mengasari adiknya (walau awalnya ia tidak menyerupai itu). Itu yang kerap disebutself-fulfilling prophechy, artinya anak benar-benar mengambil kiprah menyerupai yang dituduhkan sebagai kepingan dari pribadinya.
 
Nah, semoga anak tidak terjerat dalam cap negatif, kiprah Andalah untuk mendukungnya dalam peran-peran positif. Misalnya, “Kakak yang baik meminjamkan mainannya kepada adiknya. Anak-anak Mama selalu bersedia membuatkan dan saling meminjamkan mainan.” Atau, “Seorang abang niscaya tahu cara meminta mainan yang baik kepada adiknya.”
 
Dengan cara itu, anak akan tahu apa yang Mama harapkan dari dirinya, tanpa memberi predikat negatif. Tanpa terkesan memaksakan, secara tak eksklusif Anda sekaligus telah mengajarkan kepadanya cara yang lebih baik yang seharusnya ia gunakan untuk menghadapi adiknya.

Sumber http://tipsparenting2016.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Menegur Abang Yang Berangasan Pada Adik"

Posting Komentar