Marhaban Ya Syahru Ramadhan

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Marhaban Ya Syahru Ramadhan. Cara mendidik anak di bulan suci Ramadhan. Ramadhan yaitu bulan yang penuh berkah dan penuh rahmat. Pada bulan suci ini merupakan moment yang paling berharga dan sangat penting untuk mengajarkan dan mendidik belum dewasa kita supaya menjadi anak yang patuh, taat, dan hormat kepada Agama, Negara, Orang Tua dan kepada orang lain.

Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, sebagai orang bau tanah tentunya merupakan waktu dan kesempatan yang sangat sempurna untuk menunjukkan pola supaya menjadi tauladan untuk belum dewasa kita. Karena belum dewasa selalu akan lebih bersikap dengan cara mencontoh dari apa yang mereka lihat dan mereka dengar. Oleh lantaran itu salah satu upaya untuk mendidik anak bersikap sopan dan santun, serta berakhlaq mulia, tentunya harus dimulai dari para orang tuanya sendiri untuk menunjukkan pola yang baik dan terpuji.

Sikap dan cara menunjukkan pola yang baik ini, tentu akan sangat besar lengan berkuasa sekali terhadap psikologis dan etika anak. Mereka menjadi baik dengan cara menjiplak yang baik. Bukan melaksanakan suatu kebaikan hanya lantaran terpaksa yang disebabkan oleh rasa takut dimarahi ataupun takut dihukum.

 Cara mendidik anak di bulan suci Ramadhan Marhaban Ya Syahru Ramadhan
Anak itu mirip kertas putih yang masih kosong. Bisa ditulisi apa saja tergantung apa yang mau ditulis pada kertas itu. Kurang relevan rasanya, apabila disatu sisi kita sebagai orang bau tanah menginginkan anak menjadi seorang yang cerdas, berpendidikan dan berakhlaq terpuji, akan tetapi di satu sisi didepan belum dewasa kita sering bertengkar dengan bahasa yang garang dan tidak pantas untuk didengar dan disaksikan oleh mereka.

Nah, di bulan suci Ramadhan yang penuh dengan segala rahmat ini, merupakan kesempatan yang sangat baik sekali untuk kita mengajak belum dewasa melaksanakan aktivitas sosial, mengajarkan mereka mau menolong dan membantu orang lain yang membutuhkan. Mengajarkan anak untuk mencar ilmu menyadari pentingnya memiliki banyak sahabat. Juga mengajarkan kepada mereka untuk berderma dan saling menyayangi satu sama lain.

Semoga saja di bulan suci ini, kita semua diberikan kekuatan lahir dan batin untuk mencar ilmu lebih sabar serta lebih tulus dalam menjalani kehidupan ini. Sejak kecil anak harus diajarkan bagaimana mencar ilmu sabar, harus diajarkan supaya mereka mengetahui bahwa didalam hidup ini mereka membutuhkan orang lain, supaya dari kecil anak terbiasa dengan perilaku saling membantu dengan sesama temannya. Itulah yang ingin saya sampaikan pada kesempatan di awal bula suci Ramadhan ini. Semoga bermanfaat, dan agar kita semua diberikan fasilitas untuk menghadapi hari esok.

Sumber http://tipscaramendidikanak.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Marhaban Ya Syahru Ramadhan"

Posting Komentar