Inilah Tugas Pengampu, Mentor Dan Akseptor Dalam Moda Daring Kombinasi Gpo

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
PAUD-Anakbermainbelajar---Bunda dalam postingan kali ini sesudah kemarin kita membahas perihal apa itu Moda daring, kembali kita akan mencoba menjawab banyak pertanyaan dari para bunda-guru pendidik TK-PAUD, khususnya calon penerima kegiatan GPO (Guru Pembelajar Online) Tentang apa sih moda daring Kombinasi? dan apa kiprah pengampu, mentor dan penerima dalam kegiatan GPO ini?

Berikut penjelasannya :

Moda Daring Kombinasi atau yang terkenal disebagian orang disingkat "DARKOM", pada moda ini penerima melaksanakan interaksi berguru secara daring dan tatap muka. Interaksi berguru daring dilakukan secara sanggup bangkit diatas kaki sendiri dengan memanfaatkan teknologi isu dan pembelajaran yang telah disiapkan secara elektronik, dan sanggup dilakukan kapan saja dan dimana saja. Interaksi tatap muka dilaksanakan bersamaan dengan penerima lainnya di sentra berguru (PB) yang telah ditetapkan  dan difasilitasi oleh seorang mentor. Interaksi pada daring kombinasi sanggup dilihat pada Gambar berikut.
Gambar. Model pembimbingan Guru Pembelajar moda daring kombinasi
 
  • Interaksi Pengampu – Mentor: Pengampu memfasilitasi mentor dan berinteraksi dengan mentor secara daring. 
  • Interaksi Mentor – Peserta: Mentor mendampingi, berdiskusi dan berkoordinasi dengan penerima secara daring dan luring.
  • Interaksi Pengampu – Peserta: Pengampu memfasilitasi dan berkomunikasi dengan penerima secara daring.
  • Pertemuan tatap muka dilaksanakan sesuai aktivitas yang disepakati bersama antara penerima dan mentor. Struktur aktivitas pertemuan antara penerima dan mentor di PB

PERAN PENGAMPU
Peran Pengampu pada Guru Pembelajar Moda daring Kombinasi
Peran tersebut secara rinci ialah sebagai berikut.
a. Peran pengampu terhadap Mentor
1) Berkomunikasi dengan mentor secara daring untuk memonitor pelaksanaan pembelajaran Guru Pembelajar moda daring
2) Memfasilitasi proses berguru selama pembelajaran daring berlangsung
3) Mendampingi dan memberi semangat kepada mentor dalam proses pembimbingan pembelajaran Guru Pembelajar moda daring
4) Memeriksa rekaman kegiatan mentor dengan memakai analytic tool, dan
5) Memberikan umpan balik terhadap laporan kemajuan penerima yang dikirimkan oleh mentor.
b. Peran pengampu terhadap penerima
1) Memonitor keaktifan penerima dalam pembelajaran daring
2) Memfasilitasi proses berguru selama pembelajaran daring berlangsung
3) Menganalisis hasil rekaman kegiatan dan hasil evaluasi penerima yang diserahkan kepada Koordinator Program Guru Pembelajar sebagai materi laporan bagi UPT.

PERAN MENTOR
Tugas utama mentor ialah melaksanakan pendampingan kepada penerima di dalam pelaksanaan peningkatan kompetensi Guru Pembelajar moda daring. Peran mentor terhadap penerima sanggup dijelaskan sebagai berikut.
a. Peran mentor pada Guru Pembelajar  moda daring kombinasi
1) Mendukung penerima mengikuti kegiatan Guru Pembelajar moda daring
2) Mendampingi dan memfasilitasi penerima dalam mengikuti pembelajaran Guru Pembelajar moda daring
3) Memberikan semangat dan mengingatkan penerima untuk menuntaskan kiprah secara daring
4) Memberi umpan balik terhadap lembar kerja yang diunggah peserta
5) Memeriksa rekaman kegiatan secara daring melalui activity completion
6) Menyampaikan laporan kemajuan penerima kepada pengampu melalui portfolio “Laporan Hasil Kemajuan Peserta” secara bersiklus setiap final minggu
7) Menjadi pengawas ujian tes final di TUK bersama eksekutif TUK.
  
b. Peran mentor pada Guru Pembelajar moda daring kombinasi
1) Mendukung penerima mengikuti kegiatan Guru Pembelajar moda daring
2) Mendampingi penerima dalam mengikuti pembelajaran Guru Pembelajar moda daring
3) Memfasilitasi penerima secara tatap muka pada pembelajaran Guru Pembelajar moda daring di Pusat Belajar
4) Memberikan semangat dan mengingatkan penerima untuk menuntaskan kiprah secara daring maupun luring
5) Memberi umpan balik terhadap lembar kerja yang diunggah peserta
6) Memeriksa rekaman kegiatan secara daring melalui activity completion
7) Menyampaikan laporan kemajuan penerima kepada pengampu secara bersiklus setiap final minggu
8) Menjadi pengawas ujian tes final di TUK bersama eksekutif TUK.

PERAN PESERTA
Peserta dalam Guru Pembelajar moda daring harus berperan aktif dalam seluruh proses pembelajaran daring, antara lain:
a. Melaksanakan proses pembelajaran secara aktif dan berkomitmen tinggi
b. Melaksanakan pembelajaran secara kolaboratif
c. Berbagi pengalaman kepada penerima lain
d. Memberikan umpan balik yang konstruktif
e. Mencari balasan terhadap permasalahan melalui banyak sekali sumber antara lain melalui internet, buku, dan lain-lain
f. Mengungkapkan permasalahan terkait pembelajaran yang dihadapi
g. Menyelesaikan kiprah sesuai dengan materi pembelajaran
h. Mengunggah seluruh lembar kerja ke dalam portofolio elektronik (e-portofolio).

Berikut ialah alur kegiatan pengampu pada Guru Pembelajar moda daring/daring kombinasi:

Alur kegiatan pengampu pada Guru Pembelajar moda daring/daring kombinasi

Demikian mengenai moda Daring kombinasi 'Darkom' dan peranya para pengampu, mentor dan peserta, agar bermanfaat. Selamat belajar.


SUMBER : Kemendikbud P4TK dan PLB Bandung.

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Inilah Tugas Pengampu, Mentor Dan Akseptor Dalam Moda Daring Kombinasi Gpo"

Posting Komentar