Inilah Makna Kesenyapan Dalam Aktivitas Pembelajaran Paud

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Tidak selamanya acara pembelajaran untuk Anak PAUD itu Berkarakteristik kegaduhan INILAH MAKNA KESENYAPAN DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PAUD
Bunda--Tidak selamanya acara pembelajaran untuk Anak PAUD itu Berkarakteristik kegaduhan, untuk mendukung mencar ilmu anak, guru terkadang tidak harus berteriak-bersuara nyaring memberi arahan pada anak. Guru pendidik PAUD perlu juga ekonomis energi. Ibarat hembusan angin kadang bertiup kencang, kadang lembut dan sepoi-sepoi membelai dengan lembut, ada irama dan rima dinamis yang penuh dengan ornamen yang menarik bagi anak usia dini. Sunyi dan hening itu indah kata sebagian orang, dalam kesunyian dan kesenyapan kita sanggup mengajarkan belum dewasa nilai-nilai kehangatan dan penghargaan yang sangat baik untuk perkembangan dalam proses mencar ilmu dan bermain anak didik. 

Secara umum, dalam makna sederhana, kesenyapan merupakan salah satu cara untuk mendukung belum dewasa belajar. Saat-saat hening sanggup menjadi suatu taktik mengajar yang efektif terutama ketika belum dewasa sedang asik melaksanakan acara yang disukainya. Terkadang pendidik PAUD tidak perlu bersuara, menawarkan komentar, alasannya akan mengganggu konsentrasi anak. Dalam situasi tertentu kadang kala banyak guru yang menjawab pertanyaan sendiri, atau cepat mengalihkan pertanyaan dari anak yang satu kepada anak yang lainnya, ketika anak yang diberi pertanyaan itu agak usang menawarkan jawaban. Anak-anak pada umumnya memerlukan waktu paling cepat 3-5 detik untuk memproses apa yang akan dikatakan dan untuk merumuskan sebuah jawaban. Dengan demikian sebaiknya guru menawarkan waktu kepada belum dewasa untuk merumuskan jawabannya. ini merupakan penggunaan kesenyapan yang efektif. Kesenyapan merupakan suatu tanda kehangatan dan penghargaan yang ditujukan guru terhadap anak. Saat kesenyapan berjalan maka jiwa anak bergerak untuk melangkah maju dengan berani dan tabah. Mengekplorasi melalui indranya yang lain, sehingga anak sanggup mencar ilmu Deepthinkking, dalam memahami eksistensinya sebagai manusia. Anak mencar ilmu dari dirinya dan lingkungannya secara lebih mendalam.

Demikian Bunda wacana kesenyapan dalam acara pembelajar PAUD, biar bermanfaat, kalo masih ada yang kurang, mohon dikoreksi dan diberikan masukan, terimakasih. Wassalam. 


Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Inilah Makna Kesenyapan Dalam Aktivitas Pembelajaran Paud"

Posting Komentar