Faktor-Faktor Yang Menghipnotis Pembentukan Abjad Pendidik Paud

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Menjadi pendidik PAUD yang berkarakter merupakan hal yang sangat penting FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBENTUKAN KARAKTER PENDIDIK PAUD
PTK PAUD
PAUD-Anakbermainbelajar----Menjadi pendidik PAUD yang berkarakter merupakan hal yang sangat penting. Karakter membuktikan siapa diri kita bahwasanya dan memilih bagaimana seseorang menciptakan keputusan. Karakter juga memilih sikap, perkataan, dan tindakan seseorang dimana hal-hal tersebut sanggup membantu untuk mencapai kesuksesan. Pembentukan huruf individu pada umumnya melalui banyak sekali proses dimana banyak faktor yang berperan selama proses pembentukan karakater belangsung. Karakter terbentuk dari hasil internalisasi banyak sekali kebijakan (virtues) yang diyakini dan dipakai sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak. Kebajikan terdiri atas sejumlah nilai, moral, dan norma, menyerupai jujur, berani bertindak, sanggup dipercaya, dan hormat kepada orang lain. Interaksi seseorang dengan orang lain menumbuhkan huruf masyarakat dan huruf bangsa.

V. Campbell dan R. Obligasi (1982) menyatakan ada beberapa faktor yang besar lengan berkuasa dalam pembentukan huruf seseorang yaitu :
1. Faktor keturunan
2. Pengalaman masa kanak-kanak
3. Pemodelan orang remaja atau orang yang lebih tua
4. Pengaruh lingkungan sebaya
5. Lingkungan fisik dan sosial
6. Substansi bahan di sekolah atau forum pendidikan lain
7. Media massa.

Untuk mengembangkan huruf yang baik perlu ada suatu penentuan dan pendefinisian kualitas huruf yang akan ditanamkan sehingga sanggup dimengerti oleh semua orang antara lain dengan memperlihatkan ilustrasi-ilustrasi atau aktivitas.

Dalam proses pembentukan huruf yang baik perlu adanya kontrol internal dan kontrol sosial yang menuntut individu untuk mempunyai huruf positif tertentu. MIsalnya saja sebagai pendidik (guru) dalam suatu komunitas pendidikan, menyerupai PAUD, dibutuhkan huruf menyerupai jujur, perhatian, sabar, dan huruf positif lain alasannya ialah pendidik dalam komunitas pendidikan berperan sebagai contoh dan model bagi anak didiknya.

Selain pendefinisian yang terperinci mengenai kualitas huruf yang diinginkan serta adanya kontrol internal dan kontrol sosial, dalam pembentukan karakter, khususnya huruf yang baik atau positif, diharapkan renfotcement atau penguatan dari luar (eksternal) melalui bentuk-bentuk penghargaan terhadap huruf baik yang ditujukan. Penghargaan yang ditujukan sanggup berupa kebanggaan atau hadiah (reward) tertentu. Seorang pimpinan dalam forum PAUD, misalnya, sanggup memuji pendidik PAUD yang mengajar di tempatnya atas huruf baik yang ditunjukan seperti, " wah, saya perhatikan Ibu Yuni selalu sempurna waktu tiba ke sekolah. Bagus sekali itu. Pertahankan terus ya, bu". Pujian-pujian yang diberikan, terutama di depan publik, atau reward dalam bentuk lain walaupun bersifat sederhana namun apabila diberikan terus menerus akan membentuk pemahaman dan keyakinan pada individu mengenai huruf baik sehingga huruf tersebut akan terus dilakukan.

Karakter merupakan salah satu poin penting yang memilih keberhasilan seseorang. Temuan dari universitas Harvard, 85% dari sebab-sebab kesuksesan, pencapaian sasaran, promosi jabatan, dan lain-lain, ialah lantaran sikap-sikap seseorang. Hanya 15% disebabkan oleh keahlian atau kompetensi teknis yang dimilikinya. Oleh alasannya ialah itu, terkait upaya membangun huruf positif, khususnya dalam diri pendidik, disusunlah 16 pilar pembangunan huruf :
  1. kasih sayang
  2. Penghargaan
  3. Pemberian ruang untuk pengembangan diri
  4. Kepercayaan 
  5. Kerjasama
  6. Saling berbagi
  7. Saling memotivasi
  8. Saling mendengarkan
  9. Saling berinteraksi secara positif
  10. Saling menanamkan nilai-nilai moral
  11. Saling mengingatkan dengan ketulusan hati
  12. Saling menularkan antusiasme
  13. Saling menggali potensi diri
  14. Saling mengajari dengan kerendahan hati
  15. Saling menginspirasi
  16. Saling menghormati perbedaan.
Dalam tahapan selanjutnya seorang pendidik diharapkan mempunyai karakteristik yang sesuai dengan profesinya sebagai seorang pendidik PAUD. Adapun karakteristik pendidik ialah sebagai berikut :
  1. Seseorang yang dituntut untuk berkomitmen terhadap profesinya, orang yang selalu berusaha memperbaiki dan memperbaharui cara kerjanya sesuai dengan tuntutan zaman.
  2. Seseorang yang mempunyai ilmu, yang bisa menangkap hakikat sesuatu, orang yang bisa menjelaskan hakikat dalam pengetahuan yang diajarkannya
  3. Seseorang yang kreatif, yang bisa menyiapkan akseptor didiknya semoga bisa berkreasi, sekaligus mengatur dan memelihara hasil kreasinya untuk tidak menimbulkan malapetaka bagi dirinya, masyarakat, dan alam sekitar, 
  4. Seseorang yang berusaha menularkan penghayatan adab atau kepribadian kepada akseptor didiknya.
  5. Seseorang yang berusaha mencerdaskan akseptor didiknay, melatihkan banyak sekali keterampilan mereka sesuai bakat, minat, dan kemampuan
  6. Seseorang yang beradab.
Demikian wacana faktor-faktor yang menghipnotis pembentukan huruf pendidik pendidikan anak usia dini (PAUD) semoga goresan pena ini bermanfaat bagi kita para pendidik khususnya pendidik PAUD, semoga menjadi seseorang yang mempunyai huruf pendidik menyerupai yang diharapkan. terimakasih.

Sumber: Dirangkum dari mengembangkan sumber. 
Gambar: Koleksi Pribadi


Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Faktor-Faktor Yang Menghipnotis Pembentukan Abjad Pendidik Paud"

Posting Komentar