7 Hal Yang Tidak Hancur Ketika Sangkakala Ditiup

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280


7 HAL YANG TIDAK HANCUR SAAT SANGKAKALA DITIUP

kapan sangkakala ditiup?
Jika mendengar kata kiamat, hal pertama yang terlintas dibenak kita yaitu keadaan dimana bumi akan hancur dan segala yang hidup didunia akan mati. Mengerikan, itulah satu kata yang akan keluar dari lisan kita, tapi sebagai umat muslim, mempercayai akan datangnya hari final zaman merupakan kasus yang wajib alasannya yaitu hal itu termasuk rukun islam yang ke enam.

Hari final zaman itu mempunyai beberapa pertanda, menyerupai tanda final zaman kecil dan tanda final zaman besar yang sebelumnya sudah kami paparkan yaitu  munculnya imam mahdi, munculna Dadjal, turunnya nabi Isa dan sebagainya. 


Tapi gejala dari final zaman besar itu akan mesnah seketika ketika terompet sakkakala ditiupkan, tapi kapan kah sakakala itu ditiup? Tidak ada satu orangpun yang mengetahui kasus gaib, menyerupai dalam firman Tuhan SWT yang artinya: “Katakanlah, tidak ada seorangpun dilangit dan dibumi yang mengetahui kasus yang gaib, kecuali Allah. Dan mereka tidak mengetahui bila mereka akan dibangkitkan.” (QS. An naml:65)
menyerupai apa bentuk dari terompet sangkakala?
Berbicara mengenai terompet sakakala, ada beberapa pendapat yang menyampaikan mengenai keberadaan trompet ini. Seperti diantarannya yaitu seorang ilmuan dari nasa yang disebut-sebut telah menemukan bentuk dari tromprt sangsakala. Sedikit mengingatkan, berdasarkan inovasi dari nasa alam semesta yang kita tempati inilah yang dinamakan sangsakala, kenapa? Karena sehabis diteliti, pada bab ujung trompet sangkakala itu berbentuk menyerupai bulat yang membesar dan mengerucut dibagian depannya sehingga berbentuk menyerupai terompet, wawllahualam.

Namun kalau kita berfikir sejenak lebih jauh lebih dalam pernahkah terlintas dibenak kita apa yang akan terjadi ketika sangkakala ditiupkan, sebetulnya siapa sajakah yang akan mati? Dan inilah penjelasanya.

Seperti yang kita ketahui kalau terompet sangkakala ditiupkan maka seluruh kehidupan yang ada dimuka bumi ini akan musnah menyerupai yang dikatakan Imam Albar bahari: “Dan segala sesuatu yang telah ditetapkan oleh Tuhan kehancurannya maka niscaya akan hancur kecuali nirwana dan neraka, Arsyi, sangkakala, Al kalam dan lauhul mahfud lantas benarkah pernyataan tersebut. 

7 hal yang tidak hancur dikala sangkakala ditiup, diantaranya sebagai berikut.

1. Surga dan Neraka
Dalam hal ini Tuhan telah mengekalkannya dalam ayat-ayatnya: “Adapun orang yang celaka maka (tempatnya) didalam neraka, didalamnya mereka mengeluarkan dan menarik nafas (dengan merintis), mereka infinit didalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali kalau Tuhanmu menghendaki(yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki. Adapun orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya didalam surga. Mereka didalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali kalau tuhanmu menghendaki(yang lain); sebagai karunia ang tiada putus-putusnya.” (QS. Hud: 106-108)

Maksud dari ayat tersebut adalah  surga dan neraka itu diciptakan infinit dan tidak akan binasa yang tidak ditetapkan janjkematian pada keduanya.

2. ‘Arsy Tuhan atau singgasana Allah
‘Arsy Allah, Arsy ini merupakan singga san Tuhan yang diungkapkan Tuhan dalam firmannya: “Dan mereka mengucapkan; “segala puji bagi Tuhan yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami dan telah (memberi) sempurna ini sedang kami (diperkenannkan) menempati daerah dalm Jannah dimana saja kami kehendaki”. Maka jannah itulah sebaik-baik akhir bagi orang disekeliling ‘Arsy bertasbih sambil memuji Raab-Nya dan diberi putusan bagi hamba-hamba Tuhan dengan adil dan diucapkan: “segala puji bagi Allah, Raab semesta alam.” (QS. Az-Zummar:74-75)

Syehol islam pun berkata bahwa: “Al ’arsy tidak termasuk kepada mahluk-mahluk yang diciptakan selama enam hari dan tidak pula dipecah atau dibelah bahkan hadis-hadis yang masyur menegaskan apa yang telah ditunjukan Al-qur’an perihal ketidakpunahan al ‘arsy.

3. Kursi Allah
Selain al ‘arsy atau singgasana Allah, ada pula dingklik milik Tuhan SAW, menyerupai apa itu dingklik milik Allah? Rosullullah SAW bersabda yagnga rtinya: “Tidaklah dingklik yang tujuh dibanding dingklik kecuali laksana bulat anting yang diletakan ditanah lapang.” (HR. Hibban. Sahih) Sesungguhnya dingklik Tuhan itu tidak akan hancur, sebagaiman halnya ‘Arsy berdasarkan ijma para ulama.

4. Lauh mahfuzd
Jika singgasana Tuhan yaitu ‘arsy  dan dingklik Tuhan SWT tidak akan hancur maka sama halnya dengan Lauhul mahfuzd, diman daerah ini merupakan kitab daerah Tuhan menuliskan seluruh catatan insiden alam semesta adapun nama lain dari lauhul mahfudz yaitu yang berdasarkan Al-qur’an yaitu ummu Al kitab, kibim ma’dum kitabim mubim sebagaimana telah dikatakan dalam firman Tuhan yang artinya: “Tiada sesuatu pu yang mistik yang ada dilangit dan dibumi, melainkan(terdapat) dalam kitab yang kasatmata (lauh mahfuzh).” (QS. An Naml: 75) Maka dari itu lahu mahfuzd pun tidak akan hancur berdasarkan ijma para ulama.

5. Qolam atau pena
Qolam atau pena merupakan salah satu ciptaan Tuhan yang tidak akan hancur dikala sangkakala ditiupkan berdasarkan beberapa ulama. Qolam atau pena merupakan salah satu mahluk yang pertama kali Tuhan ciptakan. Sebagaiman sabda Rosullullah SAW yang artinya: “Sesungguhnya mahluk yang pertama kali Tuhan ciptakan yaitu Al-Qalam, lalu Tuhan berfirman kepadanya: “Tulislah!”  kemudian Al-Qalam berkata: “Wahai rabbku, apa yang saya tulis? Tuhan berfirman: “Tulislah taqdir segala sesuatu,sampai tiba hari kiamat.” (HR. Abu Dawud)

6. Tulang ekor insan
Meskipun tiupan sangkakala itu sanggup menghancurkan manusia, tapi ternyata sangkakala tidak sanggup menghancurkan tulang ekor manusia. “Tiada bab dari badan manisia kecuali akan hancur (dimakan tanah) kecuali satu tulang, yaitu tulang ekor, darinya insan dirakit kembali pada hari kiamat.” (HR. Al Buhari)

7. Ruh
Ruh inilah salah satu yang tidak hancur dikala sangkakala ditiup, alasannya yaitu mahluk yang binasa dikala iyu akan dicabut ruhnya dan meninggal dan akan dikembalikan lagi ruhnya kejasadnya dikala hari dibangkitkan, hal ini menunjuka bahwa ruh tidak akan hancur dikala sangkakala ditiupkan berdasarkan kesepakatan ijma para ulama.

Beriman kepada hari final zaman memang diwajibkan kerena hal tersebut termasuk kepada rukun keyakinan yang ke enam, tapi ternyata ada 7 hal yang tidak akan hancur dikala sangkakala ditiup, bahkan malaikat isroil yang bertugas meniup sangkakala itupun akan binasa, bagi umat muslim, supaya pemaparan ini sanggup menambah wawasan dan keimanan kita kepada Tuhan SWT. Amin

Sumber http://satuilmusejutaumat.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "7 Hal Yang Tidak Hancur Ketika Sangkakala Ditiup"

Posting Komentar